Saat Ribut, Kenapa Perempuan Suka Ungkit Masa Lalu?

Ilustrasi wanita marah/tersinggung.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA LIFESTYLE –  Pertengkaran diantara pasangan suami dan istri atau pasangan kekasih sering dialami. Dalam pertengkaran itu, terkadang permasalahan di masa lalu sering diungkit kembali terutama dari pihak wanita.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Terkadang mengungkit masa lalu saat bertengkar malah semakin memperkeruh suasana. Alhasil tak jarang hubungan menjadi kandas lantaran hal tersebut. Lantas apa yang membuat wanita suka mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu? Scroll lebih lanjut ya.

Melansir laman mental health match, berikut ini beberapa alasan dibalik wanita sering mengungkit masalah di masa lalu ketika bertengkar dengan pasangannya.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Wanita Mungkin Merasa Situasinya Tidak Dapat Terselesaikan

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Ketika perempuan mengemukakan kesalahan masa lalu Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa dia merasa situasinya tidak terselesaikan. Mungkin Anda memiliki ketidaksepakatan atau konflik di masa lalu dan dia masih merasa itu tidak terselesaikan. 

Mungkin dia masih terluka atau marah tentang hal itu dan tidak bisa melupakannya. Wanita mungkin kembali membahas kesalahan masa lalu itu sebagai cara untuk mengomunikasikan perasaannya dan memberi tahu Anda bahwa situasinya masih belum terselesaikan. Penting untuk memahami bagaimana perasaannya dan mencoba menyelesaikan masalah bersama.

Bicaralah secara terbuka dengan pasangan kekasih atau istri Anda dan beri tahu dia bahwa Anda ingin bergerak maju dan melupakan masa lalu. Jelaskan bagaimana Anda bersedia bertanggung jawab atas kesalahan dan membuat segalanya lebih baik. 

Biarkan dia tahu bahwa Anda menyesal atas rasa sakit apa pun yang mungkin Anda sebabkan padanya dan bahwa Anda ingin memperbaikinya. Dengan menunjukkan kepadanya bahwa Anda bersedia untuk mengerjakan masalah ini bersama, itu dapat membantunya merasa didengar dan dipahami.

Wanita Mungkin Membutuhkan Validasi

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • unsplash.com

Ketika seorang pasangan mengungkit kesalahan pria di masa lalu, itu mungkin karena mereka mencari validasi. Dalam hubungan, orang perlu merasa divalidasi agar merasa dihargai dan aman. Jika pasangan Anda terus-menerus mengungkit kesalahan di masa lalu, itu mungkin karena mereka merasa seolah-olah mereka tidak terlihat, tidak didengar, atau tidak dihargai.

Validasi adalah bagian penting dari hubungan yang sehat.  Validasi bisa datang dalam berbagai bentuk, dari kasih sayang fisik hingga pujian verbal. Jika pasangan Anda tidak merasa divalidasi, itu mungkin memanifestasikan dirinya dalam bentuk mengemukakan kesalahan Anda di masa lalu.

Penting untuk meluangkan waktu untuk memvalidasi perasaan dan upaya pasangan Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui komunikasi verbal dan sentuhan fisik. Menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda menghargai mereka akan sangat membantu dalam menciptakan ikatan yang lebih kuat di antara Anda berdua.

Jika pasangan Anda masih mengemukakan kesalahan di masa lalu bahkan setelah Anda mencoba menunjukkan penghargaan dan validasi kepada mereka. Bisa jadi itu mungkin pertanda bahwa ada sesuatu yang lebih terjadi. Dalam hal ini, mungkin Anda bisa mencari konseling pasangan untuk membantu Anda berdua mengatasi masalah ini.

Wanita Mungkin Tidak Ingin Berada dalam Hubungan

Ilustrasi wanita/sedih.

Photo :
  • Freepik/freepik

Mungkin saja pacar atau istri Anda mengungkit kesalahan Anda di masa lalu karena dia mungkin tidak yakin apakah dia ingin tetap menjalin hubungan dengan Anda. Jika dia merasa terputus dari Anda, atau tidak bahagia dalam hubungan, ini bisa jadi mengapa dia terus-menerus mengemukakan masalah masa lalu.

Jika ini masalahnya, penting bagi Anda untuk melakukan percakapan yang jujur dan terbuka dengan pasangan Anda tentang apa yang dia rasakan. Tanyakan padanya apakah ada sesuatu yang spesifik yang menyebabkan dia merasa seperti ini. Biarkan dia tahu bahwa Anda ada di sana untuk mendengarkan dan ingin mengatasi masalah apa pun yang dia miliki.

Penting juga untuk pengertian dan peka. Pacar Anda mungkin merasa malu dengan perasaannya, jadi melakukan percakapan yang penuh kasih dapat membantunya merasa lebih nyaman mendiskusikan perasaannya.

Pada akhirnya, mungkin perlu untuk beristirahat dari hubungan jika kedua belah pihak tidak dapat mencapai pemahaman. Ini bisa berarti mengambil beberapa waktu dari satu sama lain, baik sementara atau permanen, untuk menentukan apakah hubungan itu layak untuk diselamatkan. Penting untuk dipahami bahwa meskipun ini mungkin merupakan keputusan yang sulit bagi Anda berdua, penting untuk menghormati kebutuhan dan keinginan masing-masing

Wanita Mungkin Tidak Tahu Bagaimana Mengkomunikasikan Emosinya

Ilustrasi ibu marah, wanita berbaju pink

Photo :
  • Pixabay/ Goumbik

Mungkin saja pasangan Anda mengalami kesulitan mengomunikasikan bagaimana perasaannya yang sebenarnya. Ini bisa sangat benar jika dia memiliki riwayat berada dalam hubungan yang kasar secara emosional, atau jika dia tidak memiliki banyak pengalaman dengan komunikasi yang sehat.

Ketika seseorang tidak tahu bagaimana mengekspresikan perasaan mereka secara efektif, mungkin sulit bagi mereka untuk pindah dari masa lalu. 

Jika pasangan Anda mengemukakan kesalahan di masa lalu karena dia tidak memiliki alat untuk memproses apa yang telah terjadi dengan benar, maka penting untuk membantunya mempelajari cara yang lebih sehat untuk mengatasi dan berkomunikasi.

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan apapun dan sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan percaya. Ini berarti membiarkan pasangan Anda mengekspresikan emosinya tanpa penilaian atau kritik.

Bicaralah dengannya tentang apa yang dia rasakan dan cobalah untuk memahami perspektifnya tanpa menjatuhkannya. Pastikan dia tahu bahwa Anda ada untuknya dan Anda ingin membantunya melalui apa pun yang dia alami.

Mungkin juga bermanfaat bagi Anda berdua untuk mendatangi konseling pasangan. Seorang konselor dapat membantu Anda berdua lebih memahami satu sama lain dan mengatasi masalah mendasar yang mencegah pasangan Anda melepaskan masa lalu. Mereka juga dapat memberi Anda berdua keterampilan komunikasi yang berharga dan membantu menciptakan ikatan yang lebih kuat di antara Anda.

Konseling Pasangan Dapat Membantu Anda Berdua Menempatkan Masa Lalu di Belakang Anda

Ilustrasi pasangan jatuh cinta.

Photo :
  • Pixabay/Adina Voicu

Jika pasangan Anda terus-menerus mengemukakan kesalahan masa lalu dan itu menjadi sumber pertengkaran dalam hubungan Anda, mungkin ada baiknya untuk mencari konseling pasangan. Dalam beberapa kasus, mungkin ada masalah yang belum terselesaikan yang perlu ditangani sebelum hubungan Anda dapat bergerak maju. Dengan bantuan terapis yang berkualitas, Anda dapat belajar bagaimana berkomunikasi lebih efektif dan menghasilkan strategi untuk menyelesaikan konflik.

Konseling pasangan juga memberi Anda berdua kesempatan untuk mengekspresikan perasaan dan kebutuhan Anda di ruang yang aman. Itu juga dapat menyediakan platform bagi Anda masing-masing untuk bertanggung jawab atas tindakan Anda sendiri dan untuk menerima perspektif satu sama lain. Pada akhirnya, konseling pasangan dapat memberi Anda bimbingan dan dukungan yang Anda butuhkan untuk bergerak maju dengan cara yang sehat dan harmonis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya