Ramai Isu Ria Ricis Gugat Cerai Karena Tak Nyaman dengan Mertua, Begini Pandangan Islam

Ria Ricis
Sumber :
  • IG @riaricis1795

VIVA Lifestyle – Rumah tangga pasangan selebriti Ria Ricis dan Teuku Ryan berada di ujung tanduk setelah sang Youtuber mengajukan gugatan cerai pada 30 Januari 2024 melalui e-court. Gugatan tersebut telah terdaftar di kepaniteraan Jakarta Selatan dengan nomor perkara 547/Pdt.g/2024/PA.JS.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Menurut keterangan Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Taslimah, alasan perceraian belum dijelaskan secara rinci. Taslimah mengungkapkan, antara penggugat dan tergugat terikat perkawinan, dan dalam perkawinan itu terjadi peristiwa yang belum secara spesifik dicantumkan dalam gugatan. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Namun di tengah kabar perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan, orangtua Teuku Ryan ikut tersorot. Setelah pada April 2023 lalu, Ria Ricis sempat mengunggah soal rumah tangga hancur yanng dipicu oleh campur tangan mertua.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

"Penyebab hancurnya rumah tangga: 1. Suami selalu membela keluarganya dibanding istrinya, 2. selalu dengar omongan keluarganya, 3. Mertua selalu mau terlibat dalam urusan rumah tangga, 4. lebih memilih ribut dengan istri daripada ribut sama orangtua dan saudaranya," demikian unggahan Instagram Ria Ricis yang sempat viral kala itu.

Ria Ricis

Photo :
  • IG @riaricis1795
Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Tak hanya itu, sebelum Ria Ricis mengajukan gugatan cerai, dirinya sempat viral lantaran disebut pelit kepada mertua. Namun, salah satu penggemarnya membela adik Oki Setiana Dewi itu mati-matian dan mendapat sorotan langsung dari Ria Ricis.

"Hiks, terima kasih ya guys udah speak up belain aku. Kalian juara," tulis Ria Ricis.

Ahli tarot Denny Darko pun telah meramalkan bahwa ada sebuah kejadian prinsipil yang melibatkan orangtua Teuku Ryan yang berdampak parah pada rumah tangga pasangan ini. Kejadian tersebut, yang tidak dijelaskan secara rinci, diduga menjadi penyebab renggangnya hubungan antara Ria Ricis dan Teuku Ryan.

"Saya kira (kembali) seperti yang dulu enggak ya, karena ada sebuah kejadian yang dianggapnya ini prinsipil, yang melibatkan sepertinya dugaan saya, orangtua Ryan, ibunya, yang terus menjadikan keduanya ini menjadi renggang," kata Denny Darko dalam salah satu konten YouTube-nya.

Berkaca pada kasus tersebut, bagaimana pandangan Islam terhadap istri yang meminta cerai karena tidak nyaman dengan suami dan mertua? Pendakwah kenamaan ustaz Syafiq Basalamah angkat bicara. 

"Jadi bapak-bapak, istri kita punya hak, sebagaimana orangtuanya punya hak. Jangan kita memberikan hak kepada orangtua kita dengan menzolimi istri," kata Ustaz Syafiq dikutip dari tayangan YouTube JakartaMengaji, dikutip Kamis 1 Februari 2024. 

Lebih lanjut, diungkap beliau bahwa wajib seorang suami untuk mencari tau penyebab istri tidak nyaman dengan dia dan mertuanya.

"Kalau istri tidak ada kenyamanan dengan suami dan mertuanya, maka cari tau apa yang bikin dia tidak nyaman," katanya.

Terlebih kata beliau, tugas suami sebagai kepala keluarga seharusnya menahkodai rumah tangga.

"Jadi sikap suami, suami itu komandan. Kalau ada kesalahan di anak buahnya, yang dicopot siapa? Komandannya. Antum liat ada masalah di Lumajang ada yang dibunuh, ada aktivis yang dibunuh. Yang dipanggil siapa? Kapolres dipanggil, harus ditanya kenapa seperti itu," bebernya.

"Maka itu, suami itu komandan di rumah. Apabila ada permasalahan di rumah, istrinya minta cerai terus. Lihat jangan-jangan dia permasalahannya," sambungnya.

Syafiq Basalamah juga menyebut jika rumah tangganya masih bisa diselamatkan, maka harus sama-sama introspeksi diri masing-masing.

"Kalau bisa diluruskan, suaminya introspeksi diri, istrinya berat untuk dikumpulkan dengan mertua karena kasian. Ada perempuan-perempuan yang enggak cocok sama mertuanya, mertuanya enggak salah. Mertua ingin menantunya melayani suaminya dengan bagus tapi si suaminya sudah, tapi ibunya minta lebih. Akhirnya istri tidak nyaman. Seumpama suami istri tinggal beda rumah, supaya enggak ribut sama mertua," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya