Apa Kaitan Hujan Saat Imlek? Benarkah Bisa Bawa Hoki?

Ilustrasi musim hujan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Lifestyle – Pada 10 Februari diperingati sebagai Tahun Baru China atau Imlek. Sama seperti pergantian tahun lainnya, di tahun baru China setiap orang berharap bisa mendapatkan keberuntungan dan keberkahan melimpah di tahun ini.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Berbicara mengenai keberuntungan, ada banyak mitologi China. Setiap mereka yang merayakan Imlek selalu berharap agar turun hujan. Disebut-sebut hujan bisa memberikan keberkahan dan keberuntungan untuk setahun ke depan. Scroll lebih lanjut ya.

Lantas apa kaitannya hujan di momen Imlek dengan keberuntungan?  Sebelum itu, kita harus tau bahwa perayaan Tahun Baru Imlek ini diketahui jatuh pada bulan antara Januari dan Februari. Pada bulan-bulan ini di Indonesia diketahui merupakan puncak musim penghujan. 

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Di satu sisi, menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok, hujan yang turun di tahun baru sendiri dipercaya dapat memberikan hoki alias keberuntungan. Melansir laman ABC, Wakil Presiden Cairns dan Asosiasi China Distrik Nathan Lee Long mengatakan hujan lebat yang turun di tahun baru adalah tanda kemakmuran di tahun mendatang.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Dijelaskannya, air yang mengalir atau hujan adalah simbol keberuntungan di China. 

“Dan kita paling sering melihatnya di tempat-tempat di mana takhayul cukup lazim, air mengalir, air mancur, air terjun, jadi hujan menjelang Tahun Baru Imlek juga merupakan tanda semoga berhasil,” katanya.

Ilustrasi Pedagang di Pasar Pancoran Glodok menjual pernak-pernik Imlek 2021.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Dia mengungkapkan bahwa semakin, banyak hujan semakin baik, seperti halnya dengan apa pun. Sama seperti memberi adalah hal yang baik di China dan ketika memberi, Anda tahu bahwa akan ada balasan baik untuk kita. Jadi semakin banyak Anda memberi semakin banyak Anda mendapatkan kembali. Begitu pula dengan hujan, karena semakin banyak hujan, semakin banyak keberuntungan.

"Ini adalah pertanda baik dari keberuntungan, untuk memulai tahun dengan sedikit hujan, kita semua tahu itu pasti dibutuhkan di daerah tersebut dan kemudian untuk memulai tahun kucing ini, yang terlihat menjadi tahun yang sangat sukses. pertumbuhan dan pencapaian," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya