Bisa Dicontek, Ini Rahasia Ampuh Orang Jepang Bisa Berumur Panjang

Orang Jepang/Tokyo.
Sumber :
  • Pixabay/cegoh

VIVA – Salah satu alasan mengapa Jepang tetap menarik perhatian dunia adalah masyarakatnya yang berumur panjang. Dikenal bahwa sebagian besar penduduk Jepang cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan negara lainnya.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Di Jepang, rata-rata umur orang lanjut usia adalah 87,32 tahun untuk wanita dan 81,25 tahun untuk pria, dilansir dari The Real World pada Sabtu 24 Februari 2024.

Orang Jepang/Tokyo.

Photo :
  • Pixabay/cegoh
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Pada 2019, 2,31 juta orang Jepang berusia 90 tahun, termasuk lebih dari 71.000 orang yang berusia 100 tahun atau lebih.

Setelah pensiun, orang Jepang memiliki cara unik untuk menikmati hidup mereka, dan mereka memiliki beberapa rahasia yang mereka gunakan untuk tetap sehat dan panjang umur.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Dilansir dari Today Pada hari Sabtu 24 Februari, Samantha Cassetty, RD, seorang ahli gizi dan kesehatan, membagikan lima rahasia hidup sehat dan panjang umur orang Jepang :

1. Minum Teh Hijau

Orang Jepang terbiasa meminum teh hijau setiap hari yang dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat.

Teh hijau yang kaya akan polifenol antioksidan, memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan, melindungi sel dari kerusakan yang merupakan penyebab penyakit jangka panjang, dan memberi makan bakteri yang baik untuk usus.

2. Makan Seafood

Fokus Jepang pada makanan laut adalah alasan mengapa diet mereka sangat sehat.

Disebabkan oleh konsumsi ikan laut yang tinggi, Jepang memiliki tingkat penyakit jantung terendah di dunia. Mereka juga memiliki tingkat kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan orang Amerika.

Orang Jepang biasanya makan 3 ons seafood setiap hari atau 68 pon dalam setahun. Makan seafood dua kali seminggu juga bagus untuk kesehatan jantung, otak, dan emosional.

3. Berinteraksi Sosial

Orang Jepang juga menikmati kesejahteraan fisik dan emosional yang lebih baik hingga usia tua karena tetap terhubung secara sosial.

Ada banyak cara berbeda untuk mencapai integrasi sosial di Jepang. Selain itu, salah satu bentuk keterlibatan sosial yang paling aman adalah Moai atau lingkaran sosial Okinawa, yang menawarkan persahabatan yang bertahan lama dan bantuan finansial jika diperlukan. Jadi, anggota lingkaran tahu bahwa mereka tidak sendirian dan dapat mengandalkan satu sama lain.

Pemeran utama serial televisi populer Jepang era 1980-an Oshin, Nobuko Otowa

Photo :
  • thanhnien.vn

4. Makan Secukupnya

Di Jepang, Hara Hachi Bu berarti makan sampai 80% kenyang. Lebih jelasnya, pola pikir ini mendorong masyarakat Jepang untuk makan sampai merasa nyaman sehingga perut tetap tersisa ruang kosong. Intinya, ini adalah cara makan dengan gaya secukupnya yang memungkinkan untuk makan cukup guna memenuhi kebutuhan tubuh tanpa makan terlalu banyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya