Ambil Keberkahan Sunnah Nabi, Zaidul Akbar Beberkan Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Ramadhan

Zaidul Akbar.
Sumber :
  • Youtube dr. Zaidul Akbar Official.

VIVA Lifestyle – Datangnya bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, banyak umat Muslim yang mulai bersiap untuk meningkatkan ibadahnya, mulai dari rencana salat Tarawih, mengikuti kajian, dan yang paling penting adalah menu makan sahur dan berbuka.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Sebelum bulan puasa datang, biasanya umat Muslim sudah mencuri start untuk latihan berpuasa di bulan Rajab dan Sya'ban. Hal ini dilakukan guna melatih tubuh dan pencernaan agar terbiasa menahan lapar dan haus selama satu bulan Ramadhan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Bagi yang bisa berpuasa sunnah mulailah untuk memperbanyak puasa sunnah. Khususnya di satu dua bulan sebelum Ramadhan," kata Zaidul Akbar, mengutip video di kanal YouTubenya, Rabu 6 Maret 2024.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • pixabay

Tidak hanya memperkuat iman, Zaidul Akbar juga mengingatkan untuk menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan berenergi d masa-masa awal puasa. Tak jarang pencernaan jadi terganggu karena tidak bisa makan seharian penuh sehingga mengganggu metabolisme tubuh dan membuat gampang sakit. Oleh sebab itu, memakan makanan sehat sangat dianjurkan supaya tubuh bisa menyimpan energi lebih saat berpuasa.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

"Kita juga mulai membiasakan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat dan pasti tidak berlebihan. Sehingga akhirnya tubuh kita ketika Ramadhan setiap hari kita berpuasa sudah tidak kaget lagi. Karena ada beberapa orang yang Masya Allah Tabarakallah selama Ramadhan mengalami banyak detoksifikasi. Ada yang mengalami pusing, sakit perut, badan tidak enak, seterusnya," jelas Zaidul Akbar.

Selain makanan sehat, tak lupa juga minuman sehat seperti racikan dari bahan-bahan herbal jahe, kunyit, temulawak, madu, dan lainnya yang bisa meningkatkan imunitas sehingga tubuh jadi tidak mudah sakit. Zaidul Akbar juga mengingatkan agar tidak melakukan hal-hal yang tidak berguna agar iman tetap terjaga.

"Kita juga sudah mulai membiasakan dengan minuman-minuman sehat dan mulai membiasakan juga untuk menjauhkan diri kita dari hal-hal yang kurang penting dan tidak bermanfaat," katanya.

Adapun beberapa makanan yang sangat disarankan untuk selalu ada di rumah selama bulan Ramadhan, yakni kurma dan madu. Dua makanan manis ini diketahui sangat aman dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan gula harian. Dibandingkan dengan makan-makanan manis olahan, kurma dan madu akan lebih berkhasiat bagi kesehatan.

"Mari kita biasakan dalam rumah ada kurma, sebagai bentuk mengambil keberkahan dari sunnah nabi atau petunjuk baginda Nabi SAW," kata Zaidul Akbar.

"Kedua, mulai mengonsumsi madu, sebagai salah satu bentuk kasih sayang Allah dari asam amino yang ada pada madu tersebut dengan enzim, vitamin, mineral, dan berbagai macam kandungan penting lainnya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya