Kota dengan Waktu Puasa Ramadhan Terpanjang dan Terpendek di Dunia

Bulan suci Ramadhan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Bagi umat Muslim di seluruh dunia, kedatangan bulan suci Ramadhan merupakan perayaan yang memungkinkan mereka memenuhi salah satu dari lima rukun Islam, yaitu puasa Ramadhan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Waktu berpuasa Ramadhan rupanya berbeda-beda di setiap negara, tetapi umumnya dilakukan dari fajar hingga terbenamnya matahari.

Ilustrasi anak berbuka puasa.

Photo :
  • Pixabay/ambroochizafer
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Waktu puasa yang berbeda dari satu tempat ke tempat lain disebabkan oleh panjangnya hari yang berbeda. Negara-negara di belahan bumi utara cenderung memiliki waktu puasa yang lebih pendek dibandingkan dengan negara-negara yang lebih dekat dengan garis khatulistiwa.

Berikut adalah rata-rata waktu puasa terpanjang dan terpendek di kota-kota di seluruh dunia, dilansir dari Good Stats pada Rabu, 13 Maret 2024 : 

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Pada tahun 2024, Muslim di negara-negara paling utara akan menjalani puasa dengan durasi terpanjang. Kota Nuuk di Greenland memiliki puasa terpanjang dengan 17 jam 52 menit, lebih pendek dari 18 jam 12 menit pada tahun sebelumnya.

Selain itu, dengan perbedaan setengah jam, Reykjavik di Islandia adalah kota yang memiliki waktu puasa terpanjang yakni 17 jam 25 menit.

Kota lain yang berpuasa lebih lama adalah Helsinki di Finlandia dengan durasi 17 jam 9 menit, Stockholm di Swedia dengan durasi 16 jam 47 menit, dan Glasgow di Skotlandia dengan waktu 16 jam 7 menit. 

Sebaliknya, umat Muslim di negara paling selatan akan menjalani puasa terpendek pada tahun 2024. Salah satu kota dengan durasi terpendek adalah Islandia Baru, Kota Christchurch, berpuasa selama 12 jam 42 menit.

Kota lain dengan waktu puasa yang lebih pendek adalah Puerto Montt di Chili dengan durasi 12 jam 43 menit, Canberra di Australia dengan durasi 12 jam 46 menit, Montevideo di Uruguay dengan durasi 12 jam 47 menit , dan Cape Town di Afrika Selatan dengan durasi 12 jam 48 menit.

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • pixabay

Sebagaimana dilansir dari Al Jazeera, ibu kota Indonesia, Jakarta, juga termasuk dalam daftar negara dengan waktu berpuasa terpendek. Kota ini berpuasa selama 13 jam 10 menit, lebih pendek daripada kota lain di Asia Tenggara.

Dengan durasi yang hampir sama, Kota Bangkok dan Kuala Lumpur juga memiliki waktu terpendek dengan masing-masing waktu 13 jam 16 menit dan 13 jam 19 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya