3 Tanda Seseorang Itu Jodoh Terbaikmu Menurut Al-Quran

ilustrasi mencari jodoh.
Sumber :
  • Unsplash

JAKARTA  – Sebelum manusia lahir, Allah SWT sudah menentukan rezeki, maut, dan jodoh untuk hambanya. Allah SWT telah memberikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan. Hal itu digambarkan dalam Al-Quran.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Bagaimana kita mengetahui tanda-tanda jodoh dalam Al-Quran? Mari simak ulasannya hingga akhir yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Memiliki Sifat yang Sama

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Dua orang yang memiliki kecenderungan yang sama maka menghasilkan sifat dan selera yang sama, hal itu menimbulkan kecocokan sehingga membuat pasangan berlanjut untuk menikah. 

Memiliki sifat yang sama adalah tanda jodoh. Hal ini seperti yang dijelaskan di dalam Al-Quran. "Jika kamu tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu : kembali (saja) lah, maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan," (QS An Nur 28).

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Jika seseorang bertemu dengan seseorang yang memiliki sifat yang sama, itu bisa berarti mereka memiliki jodoh yang ditakdirkan oleh Allah SWT. Sifat yang sama termasuk tingkat keimanan yang sama juga.

2. Jodoh Adalah Cerminan Diri Sendiri

Karena jodoh telah ditetapkan oleh Allah SWT, seseorang harus percaya bahwa jodoh yang ditulis di Lahul Mahfuz adalah yang terbaik. Menurut agama Islam, jodoh adalah representasi diri kita sendiri, hal ini sebagaimana firman Allah SWT.

"Wanita-wanita yang keji, adalah untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula). Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)". (QS An Nur 26).

Jodoh merupakan cerminan diri, setiap pasangan akan menjadi pengingat pasangannya untuk tetap berada pada jalan Allah SWT. Oleh karena itu, pernikahan adalah cara untuk meningkatkan ibadah dan iman.

3. Jodoh Membuat Seseorang Lebih Tentram

Ketentraman dari seorang jodoh merupakan hal yang diperlukan agar ibadah tetap terasa menyenangkan. Karena pernikahan bukan hanya menciptakan dan menghalalkan cinta dua insan, tetapi juga bertujuan untuk membuat keduanya mencintai Allah SWT. Karena itu, ketentraman dalam rumah tangga sangat penting.

Allah SWT berfirman, " Diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum berfikir" (QS Ar-Ruum 21).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya