Jenis-Jenis Dosa Besar yang Tak Boleh Umat Muslim Lakukan

Ilustrasi terjadi kejahatan
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle  – Pada dasarnya, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa dosa terbagi menjadi dua kategori: dosa besar dan dosa kecil. Saat seseorang secara sengaja melakukan dosa besar, mereka harus bertaubat terlebih dahulu agar mereka dapat diampuni oleh Allah.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk mengetahui apa saja yang dianggap sebagai dosa besar agar membuat kita lebih berhati-hati dalam apa yang kita lakukan.

Ada beberapa jenis dosa yang termasuk dalam kategori dosa besar seperti yang dilansir dari SMPI Al Hasanah Bengkulu pada Rabu, 20 Maret 2024 : 

Jaga Mulut! Ini Alasan Mengapa Dosa Ghibah Lebih Besar Dibandingkan Zina

1. Syirik / Menyekutukan Allah

Dalam Surat An-Nisa 48 menyatakan bahwa Allah mengampuni dosa selain syirik, yang berarti syirik merupakan dosa yang berat. Bahkan dalam surat Al-Maidah 72 disebutkan bahwa orang yang melakukan dosa haram tidak akan masuk surga.

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

2. Berputus Asa Dari Rahmat Allah

Dalam Surat Yusuf ayat 87, Allah mengatakan bahwa hanya orang kafir yang berputus asa dari rahmat Allah. Jika seseorang berputus asa dari rahmat Allah, maka dia ragu bahwa Allah akan mendengarkan dan menjawab doa hamba-Nya.

3. Merasa Aman dari Ancaman Allah

 Allah memang Maha Pengampun dan akan memaafkan setiap kesalahan hamba-Nya, tetapi hal ini tidak berarti kita dapat mengabaikan atau merasa aman dari ancaman Allah. Justru saat seseorang merasa aman dari ancaman Allah, dia termasuk dalam kategori orang yang merugi.

4. Durhaka Kepada Orang Tua

Orang yang bertindak durhaka kepada orang tua akan dianggap sombong dan tidak bahagia. Orang tua adalah sumber kehidupan seseorang. Namun lebih dari itu, seseorang taat pada orang tua karena ia taat kepada Allah dan mengikuti perintah Allah.

5. Membunuh

Jika seseorang membunuh orang lain, terutama seorang mukmin, dengan sengaja maka dia akan diancam dengan neraka Jahannam oleh Allah.

Bahkan dalam surat An-Nisaa ayat 93 dinyatakan bahwa orang yang melakukan pembunuhan akan tetap berada dalam neraka Jahannam untuk selama-lamanya.

6. Menuduh Wanita Baik Berzina 

Islam menghormati nama baik seseorang. Bahkan dalam surat An-Nuur ayat 23, Allah menyatakan bahwa orang yang menuduh perempuan baik-baik melakukan zina akan dilaknat. Bukan hanya di dunia, tetapi juga di akhirat. Orang tersebut juga akan menerima azab yang hebat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya