Lakukan Ini Agar Selamat dari Bangunan yang Runtuh

Ilustrasi bangunan runtuh
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Bencana bisa terjadi dimana saja dan kapan saja secara tidak terduga. Berada dalam ruangan, tidak menjamin Anda dalam posisi yang aman.

Takziah ke Rumah Calon Mertua, Seorang Wanita Tewas Tertimpa Bangunan

Bangunan tempat Anda berada bisa saja runtuh akibat bencana alam atau faktor lainnya, seperti yang baru saja terjadi di gedung Bursa Efek Indonesia.

Kalau Anda berada dalam kondisi itu, lakukan langkah di bawah ini:

Tembok Puskesmas di Garut Jebol, Rangka Bangunan Bikin Geleng Kepala

1.Ketika bangunan mulai runtuh
Segera keluar dari gedung secepat mungkin. Disarankan untuk tahu jalan keluar emerjensi tercepat. Paling tidak, Anda harus tahu jalan tercepat untuk keluar dari bangunan yang sering Anda datangi seperti rumah, kantor dsb.
 
Jika tidak bisa keluar, cari tempat berlindung seperti bawah meja atau bersandarlah pada pintu atau tiang besar. Pondasi di sekelilingnya akan meminimalisir resiko Anda tertimpa material bangunan dari atas.

2. Tutup hidung dan mulut
Sementara Anda berlindung, tutup hidung dan mulut dengan pakaian yang dikenakan. Ini untuk menyaring debu dan partikel bangunan yang bisa menyumbat pernafasan. Lindungi kepala dengan tangan Anda. Tetap berada di tempat berlindung sampai bangunan tak lagi berguncang.

Detik-detik Gedung SMAN 96 Roboh, Warga: Berasa Gempa, Rumah Bergetar

3. Cek kondisi Anda
Jika ada bagian tubuh yang tertimpa material, periksa apa yang menimpa Anda. Kalau Anda masih bisa bergerak, jangan buru-buru keluar.  

Pastikan dulu pergerakan tidak akan memicu keruntuhan lain dari atas Anda. Karena bisa saja ada benda berat di atas yang bisa jatuh jika Anda sembarangan berpindah posisi. Tapi jika yakin di atas aman, bergerak perlahan untuk mencari jalan keluar.  
 
4. Jika Anda terluka
Kalau Anda terhimpit dan tidak bisa bergerak, ditambah ada bagian tubuh yang sakit atau mungkin patah, berusahalah untuk menyampaikan tanda.

Gunakan handphone untuk meminta bantuan. Jelaskan dimana posisi Anda berada dan info lain sedetail mungkin. Tidak mendapat sinyal? Nyalakan senter handphone agar kru penyelamat bisa menemukan Anda.

5. Bergerak hati-hati
Jika Anda tidak terjebak, berusahalah untuk tetap tenang dan memperhatikan keadaan sekitar. Semburan gas dan sengatan listrik adalah bahaya yang patut diwaspadai saat bangunan runtuh. Berjalan hati-hati menuju pintu atau jendela terdekat untuk mencari bantuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya