KLB Campak, Imunisasi Jangkau 80 Persen Distrik di Asmat

Kondisi warga Asmat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Kejadian Luar Biasa (KLB) campak di Asmat, Papua, sudah mendapatkan penanganan cepat dari berbagai pihak. Dari data yang ada, sebagian besar anak di wilayah Asmat telah mendapatkan imunisasi campak.

Zodiak yang Berpeluang Kaya Tahun Ini, 5 Suku Terkuat di Indonesia

"Sampai dengan kemarin sore, saya mendapatkan info yang dilaporkan oleh rekan-rekan yang ada di lapangan bahwa sudah hampir 80 persen seluruh distrik yang ada di sana (Asmat) sudah tercover imunisasi campak sebesar 100 persen," ujar Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Anung Sugihantono, ditemui dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-58, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Kamis, 25 Januari 2018.

Untuk angka pastinya, lanjut Anung, masih akan dianalisis lebih lanjut secara langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, yang saat ini sedang berada di Asmat, Papua. Namun, Anung meyakini, terpaparnya imunisasi sebesar 100 persen di suatu wilayah, akan menghalau infeksi campak hadir kembali.

Ini Wilayah di Ibukota dengan Angka Gizi Buruk Tertinggi

"Jadi kalau mau ideal harus 100 persen wilayah terjangkau dan itu pun juga tak menjamin 100 persen kemudian akan bebas persoalan itu, karena persoalan kekebalan, kalau itu diimunisasi kan berbeda antara satu dengan yang lain," tuturnya.

Anung menegaskan, imunisasi yang sudah diberikan pada anak-anak di Asmat, bisa menambah kekebalan tubuh dengan lebih baik. Terlebih, perlindungan tubuh akan hadirnya kuman, bisa diadang dengan imun tubuh yang telah terimunisasi.

Viral, Aksi Prajurit TNI Tolong Nyawa Bocah Miskin Kurus Kering

"Memang tidak ada jaminan tidak akan infeksi lagi. Tapi, mereka yang sudah diimunisasi, jika nantinya mungkin mendapatkan infeksi, kasusnya lebih ringan," ujarnya.

Ilustrasi anak campak

WHO Sebut Campak Akan Jadi Ancaman Berbahaya Secara Global

Di Indonesia sendiri, polio kembali muncul di Aceh. Sementara itu, dunia pun sedang dalam ancaman penyakit campak akhir-akhir ini.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2022