Usai Olahraga, Baik Minum Air Putih atau Isotonik?

Ilustrasi minum air untuk mengatasi dehidrasi
Sumber :

VIVA – Banyak orang memilih minum minuman isotonik usai berolahraga, dengan anggapan bisa menghidrasi dan mengembalikan energi yang hilang. Padahal, ada aturan khusus dalam mengonsumsi minuman isotonik usai berolahraga.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Menurut dr Aninda Perdana, B.med, S.c, aktivitas fisik dalam berolahraga berdasarkan panduan dari persatuan dokter spesialis olahraga, dibagi menjadi aktivitas fisik ringan, sedang, dan berat.

"Misalnya, kita berlari di treadmill, kemudian masih bisa mengobrol, itu masih ringan. Tetapi, kalau kita lari di treadmill, kemudian napas terengah-engah, itu sedang," ujar Aninda.

Benarkah Kurang Minum Sebabkan Masalah Penyakit Ginjal? Begini Jawaban Pakar

Intensitas itulah yang perlu kita perhatikan, untuk menentukan kapan kita minum air isotonik atau air putih. Selain itu, durasi juga perlu menjadi pertimbangan. 

Jika di bawah satu jam, misalnya Anda berlari 30-45 menit, cukup dengan minum air putih saja. Jika di atas satu jam, artinya Anda membutuhkan asupan lain dalam tubuh seperti garam yang didapat dari cairan isotonik.

Nestle Prancis Digugat karena Diduga Lakukan Proses Pengolahan Air Mineral Secara Ilegal

"Kalau olahraga tujuannya untuk membakar lemak, sedangkan isotonik ada kandungan gulanya, akan percuma saja," lanjut Aninda.

Selain air isotonik, air kelapa juga baik untuk dikonsumsi usai berolahraga. Tetapi, air kelapa yang diminum haruslah air kelapa asli dan bukan yang kemasan, karena air kelapa dalam kemasan tentu sudah diberi kandungan lain untuk menjaga kesegarannya.

Pihak AQUA memastikan bahwa semua produk AQUA aman

Apel Pagi AQUA, Komitmen AQUA Pastikan Semua Produknya Aman dari Bromat

AQUA melakukan pemeriksaan kandungan bromat di setiap kemasan produknya setiap hari. Hasilnya aman, di bawah ambang batas WHO.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024