Cara Mudah Deteksi Kanker Usus Besar 

Ilustrasi usus .
Sumber :
  • Pixabay/Elionas2

VIVA – Hari Kanker Sedunia 2018 diperingati pada hari ini, Rabu 31 Januari 2018. Kasus kanker usus besar atau kanker kolorektal, masih terus bertambah setiap harinya. Hal ini dipicu oleh ketidakpahaman masyarakat untuk deteksi dini pada jenis kanker tersebut.

Tumor Usus yang Diidap Mpok Atiek Bisa Jadi Kanker, Kenali Faktor Risiko untuk Mencegahnya

Kanker usus besar, banyak dialami oleh masyarakat di dunia, tak terkecuali Indonesia. Padahal, jika ingin lebih peka pada tubuh Anda, perubahan akibat kanker kolorektal ini dapat dikenali sejak dini.

Untuk mencegah kanker usus besar, setiap orang bisa melakukan kronoskopi, yang bisa dilakukan pada orang-orang di atas 50 tahun. Atau Anda bisa melakukan pemeriksaan dini pada diri sendiri dengan memeriksa tinja, apakah ada darah samar atau tidak.

Rentan Dialami Pria, Gaya Hidup Seperti Ini Bisa Sebabkan Kanker Usus

"Saat melakukan deteksi dini, juga kenali gejala yang dikeluhkan. Misalnya periksa tinja sendiri saat buang air besar, apakah ada darah samar," ujar Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr dr Aru Sudoyo SpPd-KHOM, saat press conference Hari Kanker Sedunia 2018 di gedung Kemenkes RI, Jakarta Selatan, Rabu 31 Januari 2018.

Selain dari tinja yang samar, Anda juga harus mengenali gejala kanker usus besar yang membuat kondisi tubuh tidak nyaman. Biasanya ini cenderung terlihat pada pola buang air besar yang tidak lagi terasa wajar.

Dulu Diidap Orang Tua, Ini Penyebab Kanker Usus Besar Kini Menyerang Anak Muda

"Pola buang air besar berubah (kadang tinja encer atau kadang padat dan keras). Ada perdarahan di dubur hingga tinja berdarah saat buang air besar. Belum lagi perut terasa kram dan mulas menyiksa," ujar Aru. (ren)
 

Hilbram Dunar

Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

Presenter Hilbram Dunar meninggal dunia pada hari ini, Minggu, 31 Maret 2024. Hilbram menghembuskan napas terakhirnya karena mengidap sakit kanker usus besar.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024