Cadel dan Gangguan Bicara, Bisa Sembuh?

Ilustrasi mulut.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ketika berbicara dengan lafal kurang jelas pada satu atau dua huruf, orang selalu mengaitkannya dengan kondisi Cadel.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Cadel melekat pada orang yang tidak dapat melafalkan huruf  R padahal ada beberapa huruf lain yang juga sulit diucapkan beberapa orang seperti huruf T, P, Z, P, L, K dan S. 

Namun, huruf R lah yang lebih sering terdengar dengan jelas jika seseorang cadel.  Nah, sebenarnya apa penyebab seseorang bisa cadel? 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Dilansir laman WebMd, cadel atau lisp, terjadi karena kelainan bawaan pada organ mulut sehingga terjadi keterbatasan pergerakan lidah di dalam mulut. 

Keadaan ini umumnya menimpa bayi khususnya laki-laki yang akan berdampak kepada cara makan, menelan, dan berbicara. Namun cadel banyak juga yang tidak hilang sampai usia dewasa.

Profil Denise Charista Tenar Lewat Seteru, Terbaru Ribut dengan Depe

ilustrasi anak lambat bicara

Keterbatasan fungsi lidah sering menjadi salah satu penyebabnya. Sebab, fungsi lidah sangat dipengaruhi oleh kekuatan lidah dan fungsi koordinasi.

Pasalya saat kekuatan lidah dan fungsi koordinasi terganggu, maka pelafalan kata atau huruf juga ikut terganggu. 

Dan hal ini bisa saja pembawaan sejak lahir atau karena budaya sekitar. Selain masalah fungsi lidah terganggu, cadel juga bisa terjadi karena kerusakan otak yang mengakibatkan terganggunya saraf ke-12 yang memengaruhi lidah seperti stroke.

Memahami lebih jauh soal cadel, spesialis THT dan Rehabilitasi fisik dr. Fikry Hamdan Yasin, Sp.THT-KL(K) dan dr. M.R. Kurnia Eni Safitri., Sp-KFR, akan dikupas tuntas dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Jumat 23 Maret 2018.

Dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila, BMedSc. Tayangan yang live pada pukul 13.00-14.00 WIB ini juga akan membahas soal serba-serbi alergi pada kacang tanah, bersama pakar gizi klinis Dr. Dian Permatasari, SpGK, M.Gizi.

AYO HIDUP SEHAT juga bisa disaksikan live streaming di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya