Bahaya Gejala Kanker dari Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Ilustrasi batuk
Ilustrasi batuk
Sumber :

VIVA – Batuk memang sering dianggap sebagai gangguan kesehatan ringan. Batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus. Di beberapa kondisi, batuk menjadi mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan.

Umumnya batuk akan reda setelah mengonsumsi obat batuk. Namun, waspadalah jika batuk yang Anda derita tak kunjung sembuh. Beberapa pakar medis menyebut bisa jadi batuk berkepanjangan adalah gejala penyakit serius.

Spesialis penyakit paru dr.Hamdi Syarifudin, SpP, FCCP, MH menyebut bahwa batuk berkepanjangan merupakan gejala dari penyakit serius.

"Bisa TBC, bisa juga yang lain seperti bronkitis, pneumonia, atau juga karena infeksi virus bakteri. Karenanya harus diperiksa secara medis baru kita tahu," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Rabu 11 April 2018.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa untuk membedakan gejala TBC dan batuk berkepanjangan biasa, bisa diperhatikan dari jenis dahak yang dikeluarkan.

Ilustrasi radang tenggorokan.

"Membedakannya, kalau TBC kan infeksi. Gejalanya ada infeksinya misalnya dahak kuning atau hijau, demam, dan ketika melalui proses rontgen dan lab, positif infeksi," ujarnya.