Studi: Diabetes Bisa Dideteksi dari Bau Urine

Ilustrasi urine.
Sumber :
  • Pixabay/ frolicsomepl

VIVA – Diabetes adalah salah satu penyakit yang hampir dialami oleh sebagian masyarakat di dunia. Tak hanya itu, diabetes tipe dua juga mendominasi penyakit yang berkaitan dengan gula darah di tubuh tersebut.

Diabetes Picu Gangguan Hingga Gagal Ginjal, Ini Alasannya

Mengenali gejala diabetes sejak dini menjadi hal yang penting dilakukan, hal itu bertujauan agar pencegahan bisa dilakukan secara cepat dan segera. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa diabetes tipe dua bisa dikenali melalui aroma urine yang khas.

Dilansir dari laman Express, jika aroma urine lebih tajam dibanding urine normal, Anda harus waspada. Dituturkan Chief Medical Officer, dr. Andrew Thornbere, urine tidak selalu beraroma khas kecuali saat Anda mengonsumsi makanan yang memicunya semakin kuat.

Deretan Alasan Kenapa Urine Bau, No 6 Ngeri

"Beberapa makanan bisa membuat aroma urine semakin kuat. Salah satunya makanan asparagus yang bisa memberi aroma khas pada urine pengidap diabetes," tuturnya.

urine bau menyengat

Waspada, Buang Air Kecil Seperti Ini Tanda Gagal Ginjal

Aroma khas pada urine bisa menandakan diabetes tipe dua, infeksi saluran kemih, dan infeksi kandung kemih. Buang air kecil yang terlalu sering dibanding normalnya, juga menjadi tanda gula darah yang meninggi.

Tanda gejala diabetes lainnya mencakup kelelahan berlebih, berat badan menurun tanpa sebab, dan merasa kehausan sepanjang hari. Mereka yang berisiko tinggi biasanya orang berusia di atas 40 tahun atau mereka yang mengalami tubuh terlalu gemuk.
 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya