5 Pola Makan Sehat Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Diabetes melitus gestasional dialami oleh sekitar 4 juta wanita hamil. Diabetes yang hanya terjadi saat masa kehamilan ini membuat tubuh ibu hamil sulit memproduksi insulin yang kuat.

Wulan Guritno Bongkar Efek Mengejutkan Hentikan Konsumsi Gula: Lemot dan Sensian!

Diabetes gestasional ini memicu risiko komplikasi selama masa kehamilan. Untuk mencegah komplikasi tersebut, berikut pola makan sehat untuk para ibu hamil yang mengalami diabetes melitus gestasional, dilansir dari laman TheHealthSite.

1. Monitor asupan karbohidrat

Justin Bieber dan Hailey Baldwin Bakal Punya Anak!

Konsumsi karbohidrat berlebihan dalam satu waktu, bukan hal yang baik. Menghindari karbohidrat juga bukan cara tepat untuk tetap sehat saat masa hamil. Siasati dengan memberi jeda untuk konsumsi karbohidrat dalam porsi kecil dan camilan sehat selama seharian.

2. Makanan dengan indeks glikemik rendah

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Indeks glikemik rendah membuat gula darah tetap terkontrol. Jenis makanan ini mencakup roti dan sereal gandum utuh, wortel, buah seperti apel, anggur, dan pir, serta kacang-kacangan.

3. Protein

Kombinasi tepat antara protein dan karbohidrat dapat menjaga kadar gula darah tubuh. Konsumsi makanan tinggi protein seperti ikan, ayam, telur, tahu, dan sebagainya.

4. Lemak baik

Konsumsi lemak baik dapat membantu menjaga kadar gula darah. Kandungan lemak baik bisa didapatkan di olive oil, alpukat, salmon, sarden, tuna, dan chia seeds.

5. Hindari makanan tertentu

Anda harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis seperti kue, biskuit, puding, soda, dan jus buah dengan gula. 

Selain itu, nasi putih, roti putih, dan pasta putih bukan makanan baik bagi ibu hamil dengan diabetes gestasional. Sebaiknya, hindari juga taburan saus sambal olahan atau saus olahan lainnya dan makanan yang diolah, serta makanan cepat saji dan alkohol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya