Bahaya di Balik Terapi Ikan Garra Rufa

Fishspa Teraphy dikerubuti ikan Garra Rufa
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVA – Kamu pasti pernah melihat atau mungkin mencoba terapi ikan yang banyak ditawarkan di pusat-pusat perbelanjaan. Kamu diminta memasukkan kedua kaki ke kolam yang dihuni puluhan ikan-ikan kecil. 

Viral 3 Ton Ikan Keramat Dikubur 

Ikan seketika akan menggigit kulit ari di kaki kamu dan menimbulkan sensasi geli. Konon, terapi ini menyehatkan karena ikan akan memakan sel-sel kulit mati kita. Terapi seperti ini biasa disebut fish pedicure atau fish spa. Namun, memanfaatkan ikan untuk terapi tidak selamanya baik, lho.

Biasanya, ikan yang digunakan untuk terapi adalah ikan garra rufa yang habitat aslinya dari Timur Tengah. Makanan alamiah ikan ini sebenarnya plankton dan tumbuhan. 

Zodiak Kekasih Terbaik Hingga Jenis Ikan Pemicu Hipertensi

Mereka terpaksa makan kulit manusia, karena hanya itu yang tersedia. Para ahli menyatakan ada risiko kesehatan saat melakukan terapi ini.

Makanya terapi ini sudah dilarang setidaknya di 10 negara bagian di Amerika Serikat, Meksiko dan beberapa negara Eropa. Dilansir dari laman health.clevelandclinic, Inilah 5 risiko kesehatan dari terapi ikan.

Hati-hati, Ikan Jenis Ini Ternyata Tingkatkan Risiko Hipertensi

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi daging ikan salmon

3 Jenis Ikan Ini Aman untuk Mengurangi Kadar Kolesterol

Orang yang memiliki kolesterol tinggi atau sedang menjaga kadar kolesterolnya disarankan untuk menambahkan ikan-ikanan ke dalam menunya.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022