Benarkah Nanas Bisa Sembuhkan Luka?

Buah nanas.
Sumber :
  • Pixabay/ Security

VIVA – Mendengar nanas dijadikan bahan campuran makanan atau variasi dalam sebuah hidangan, terutama rujak tentu bukan sesuatu yang aneh. Tapi pernahkah kamu mendengar nanas juga bisa mengobati luka?

Rasa Gatal di Mulut Akibat Makan Buah Nanas, Ternyata Ini Penyebabnya

Nyatanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kenikmatan buah kuning ini sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Brasil, ezim bromelain yang terdapat dalam nanas merupakan komponen aktif dan anti-inflamasi alami, yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan pasca operasi.

Untuk penelitian ini, dikutip dari Indian Express, para ahli memasukkan bromelain dari nanas ke mamocellulose yang diproduksi dengan menggunakan bakteri dalam sampah buah nanas dan membuat perban eksperimental. Berdasarkan pengamatan, luka disembuhkan lebih cepat karena efek proteolitik dari bromelain yang menghilangkan lapisan mati dari luka dan terjadi oksigenasi di permukaan luka.

Coba Masker Wajah DIY dari Nanas untuk Kulit Bercahaya Secara Alami

Bromelain sendiri adalah enzim yang ditemukan dalam buah dan batang nanas. Selain memiliki banyak khasiat obat, juga membantu tubuh menghasilkan zat yang membantu dalam melawan rasa sakit dan pembengkakan (peradangan). Bromelain juga mengandung bahan kimia yang menghalangi pertumbuhan sel tumor dan mencegah pengumpalan darah.

7 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Bromelain memiliki delapan bahan kimia berbeda yang membantu mencerna protein, menjadikannya enzim proteolitik. Penduduk asli Amerika dilaporkan menggunakan bagian kulit nanas untuk menutupi dan mengobati luka, karena diyakini enzim yang dimiliki bisa mencegah penumpukan plak di arteri dan memperlambat penggumpalan trombosit darah.

Bromelain mengurangi peradangan dengan memperlambat akumulasi kinin, jenis lain dari peradangan. Namun, inovasi ini masih dalam tahap awal pengembangan. (ren)

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Buah nanas dengan rasa yang segar dan manis, tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024