Pertolongan Pertama Cedera Kaki saat Olahraga

Winger Barcelona, Ousmane Dembele, mengalami cedera.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA – Cedera olahraga dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pria dan wanita. Bahkan atlet profesional yang memiliki jam terbang tinggi dalam berlatih pun dapat mengalami cedera.

Foto Mengerikan Kaki Remuk Pemain Argentina Korban Cedera Marcelo

Jenis olahraga tertentu dapat memicu cedera kaki,tangan dan bahu, misalnya lari, sepak bola, voli, dan angkat berat.

Coba bayangkan saat Anda olahraga lari di taman kota, tiba-tiba kaki Anda terkilir, kemudian Anda jatuh. Nah, saat seperti ini kita harus tahu bagaimana penanganan atau pertolongan pertama yang harus kita lakukan pada kaki.

Sempat Kritis, Terungkap Pemicu Obesitas Fajri yang Berbobot Nyaris 300 Kg

Contoh lain, Anda sedang menemani anak berlatih sepak bola. Tak disangka, ia terkena tendangan bola yang meleset dan mengenai lututnya. Tentu hal-hal seperti ini tidak kita inginkan, tapi konsep sedia payung sebelum hujan merupakan langkah yang tepat, supaya ketika sewaktu-waktu kita menghadapi situasi darurat, dapat segera memberi penanganan tepat.  

Penanganan cedera akibat olahraga yang tepat dan cepat, sangat penting untuk meminimalkan risiko jangka panjang. Sebaliknya, menganggap remeh cedera bisa memperparah kondisi tubuh.

Pakar Tak Anjurkan Olahraga Lari Setiap Hari, Cedera Ini Mengintai

Lantas, seperti apa sih langkah-langkah untuk menangani cedera saat berolahraga? Tentu kita perlu memperoleh informasi dari sumber yang terpercaya, yaitu dokter kesehatan olahraga.

Maka itu, jangan lewatkan tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, hari ini Jumat, 27 Juli 2018 pukul 13.00 WIB. Ada dr. Sophia Have Sp.KO., dipandu dokter host kece kesayangan kita semua dr. Vito Damay SpJP (K) M.Kes, FIHA, FICA dan dr. Reinita Arlin yang akan memberi keterangan mendalam seputar pertolongan pertama pada cedera kaki saat olahraga.

Anda juga bisa menyaksikan tayangannya melalui live streaming di laman VIVA kanal VLIX atau langsung klik link ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya