Wajib Tahu, 8 Fakta Penting Penyakit Hepatitis

Ilustrasi penelitian virus Hepatitis
Sumber :
  • www.pixabay.com/Prylaler

VIVA – Setiap tanggal 28 Juli dunia memeringati Hari Hepatitis. Saat ini hepatitis merupakan salah satu masalah kesehatan global. Setiap tahun 1,5 juta orang meninggal karena hepatitis. Hepatitis adalah virus yang menyerang organ hati. Jenis virus hepatitis dinamai dari huruf yaitu hepatitis A, B, C, hingga G.

Alhamdulillah, Gary Iskak Sudah Sembuh dari Hepatitis C

Tetapi jenis hepatitis yang paling sering menyebabkan peradangan hati kronis adalah B dan C. Kamu harus waspada dengan infeksi hepatitis karena pada awal terinfeksi, tidak menunjukkan gejala. Tahu-tahu penderita hepatitis mengalami sirosis atau pengerasan hati bahkan kanker hati, Artinya ia sudah positif terinfeksi hepatitis puluhan tahun. Inilah mengapa banyak pasien hepatitis yang tak tertolong.

Untuk mengenal lebih jauh tentang hepatitis dan meningkatkan kewaspadaan kita tentang penularan virus ini, berikut fakta tentang hepatitis yang perlu Kamu tahu, dilansir dari health.com.

3 Ilmuwan Penemu Virus Hepatitis C Dapat Nobel Kedokteran 2020

1. Penularan virus hepatitis melalui pertukaran cairan tubuh

Untuk hepatitis B dan C, penularan tersering adalah melalui pertukaran cairan tubuh, terutama darah. Pamela Anderson terinfeksi virus hepatitis C karena menggunakan jarum tato yang sama dengan mantan suaminya, Tommy Lee. Sumber penularan lain adalah berganti-ganti jarum suntik pada pengguna narkoba, menggunakan pisau cukur yang sama, dan berganti-ganti pasangan tanpa kondom. Tetapi untuk hepatitis A, penularan melalui makanan dan air yang terkontaminasi dengan virus.

Korban Virus Hepatitis A di Indonesia Meningkat Sejak 3 Tahun Terakhir

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi Diinfus.

Bahaya Hepatitis C, Mudah Menular Melalui Cuci Darah

Penggunaan tabung dialiser yang digunakan secara berulang pada setiap tindakan dialisis berpotensi jadi sumber paparan hepatitis C

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2021