Ibu Hamil Rentan Kena Wasir

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi di masa kehamilan adalah wasir atau ambeien. Biasanya, ini sering dialami oleh ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga. Jika sebelum hamil pernah mengalami wasir, maka Anda cenderung akan mengalaminya lagi ketika hamil. Wasir juga bisa muncul saat Mums mengejan pada proses persalinan.
 
Mengapa wasir umum dialami selama hamil?

Pembunuh Wanita Hamil di Ruko Kelapa Gading Ditangkap

Wasir adalah pembuluh darah yang membengkak di area rektum. Ukurannya bisa beragam, mulai dari sekecil kacang hingga sebesar buah anggur. Ini bisa berkembang di dalam rektum maupun menonjol keluar anus. Wasir dapat terasa gatal, tidak nyaman, hingga nyeri. Bahkan, terkadang bisa sampai menyebabkan perdarahan pada rektum.
 
Berkembangnya rahim, konstipasi atau sembelit, serta meningkatnya hormon progesteron saat mengandung dapat menjadi beberapa penyebab Mums mengalami wasir. Bagaimana tidak, rahim yang terus berkembang akan menekan vena pelvis dan pembuluh balik besar bawah (vena cava inferior), yaitu pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menjadi jalur darah dari anggota tubuh bagian bawah kembali ke jantung. Ini mengakibatkan aliran darah dari tubuh bagian bawah menjadi lambat, sehingga meningkatkan tekanan pembuluh darah di bawah rahim dan membuatnya jadi bengkak.

BACA SELENGKAPNYA

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil
Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024