Sering Sakit Pinggang? Ini Tips Sederhana Atasinya

Ilustrasi low back pain/nyeri pinggang belakang/sakit pinggang.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Sakit pinggang adalah penyakit yang sering dialami banyak orang. Meski sering dijumpai, sakit pinggang pada tiap orang berbeda-beda. Misalnya, ada yang ringan dan berlangsung sebentar, ada pula yang parah hingga menghambat aktivitas sehari-hari. 

Tanda Alami Gejala Kanker Ginjal, dari Nyeri Pinggang hingga Batuk Berdarah

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang. Namun, penyebab sakit pinggang yang sering terjadi adalah karena otot atau ligamen terkilir akibat meregang berlebihan.

Sakit pinggang sendiri menurut medis adalah nyeri yang dirasakan di sekitar tulang lumbar, di antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Kondisi ini sering dialami 80 persen penderita dewasa berusia 30-50 tahun dengan intensitas nyeri ringan hingga berat.

Nyeri Pinggang Tanda Saraf Kejepit, Bila Diabaikan Terjadi Kerusakan Saraf Permanen

Spesialis penyakit dalam dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD, KEMD, PhD akan membahas lengkap soal sakit pinggang dalam tayangan AYO HIDuP SEHAT (AHS) di tvOne Kamis 30 Agustus 2018. Ia juga akan membahas tips sederhana bagaimana mengatasi sakit pinggang.

Dipandu host dr Reinita Arlin Puspita dan Indra Bekti,  AHS juga akan tayang live streaming di laman ini.

5 Ciri-ciri Sembuh dari Infeksi Saluran Kemih, Hindari Penyebabnya!
ilustrasi pijat punggung

Alami Nyeri Pinggang dan Kesemutan Saat Mudik? Coba Pijat di Beberapa Titik Vital Ini

Berikut ini beberapa tips akupresur yang dapat dicoba untuk mencegah nyeri pinggang dan kesemutan seperti direkomendasikan oleh spesialis akupunktur

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024