Hipertensi Dapat Menyebabkan Impotensi?

Ilustrasi pria.
Ilustrasi pria.
Sumber :
  • www.pixabay.com/PDPics

VIVA – Bagi beberapa orang, tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali tidak menimbulkan tanda atau gejala apapun. Namun, kalau tekanan darah selalu dibiarkan tinggi tanpa disadari,  Kamu harus waspada nih karena lama-lama dapat memengaruhi kehidupan seksual Anda. Hipertensi ternyata dapat menjadi salah satu penyebab impotensi.

Dikutip dari WebMD, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Geriatrics Society menunjukkan bahwa 49 persen pria berusia 40 hingga 79 tahun yang mengalami tekanan darah tinggi ternyata memiliki masalah disfungsi ereksi atau impotensi. 

Hasil ini pun diperkuat dengan penelitian lain dari Journal of Urology yang menunjukkan bahwa 68 persen pria dengan tekanan darah tinggi mengalami disfungsi ereksi. Sebesar 45 persen di antaranya tergolong dalam kategori disfungsi ereksi berat.

Proses terjadinya ereksi dipengaruhi oleh tekanan darah. Saat tekanan darah normal, otak akan mengirimkan sinyal agar otot polos di penis menjadi lebih relaks dan terbuka lebih lebar. Hal ini memungkinkan aliran darah masuk dan mengisi ruang kosong (corpora cavernosa) pada penis dan penis pun menegang.

Sumber Asli