Habis Disunat, Bolehkah Langsung Berhubungan Seks?

Ilustrasi sunat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi laki-laki muslim, sunat atau dalam bahasa medis dikenal sebagai sirkumsisi adalah sebuah kewajiban. Di samping anjuran agama, sunat sendiri mempunyai manfaat bagi kesehatan, seperti meminimalisasi risiko terkena penyakit seks menular. 

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Sunat biasanya dilakukan ketika mereka masih anak-anak. Namun, di beberapa agama yang tidak menganjurkan sunat, praktik ini juga tidak jarang dilakukan ketika dewasa. Bahkan ada juga yang melakukannya ketika baru ingin menikah atau setelah menikah. 

Pertanyaannya kemudian, jika seorang laki-laki baru disunat setelah dewasa dan setelah menikah, bolehkah mereka langsung melakukan hubungan seks? Adakah waktu ideal kapan boleh berhubungan seks setelah disunat?

Baru 2 Hari Sunat Udah Lompat-lompat, Arsya Buat Ashanty Ketakutan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa pria, sebaiknya menjauhkan diri dari seks setidaknya 42 hari setelah mereka disunat untuk memungkinkan penyembuhan total.

Melanjutkan seks sebelum luka sunat sembuh dapat meningkatkan risiko HIV secara sementara, karena luka terbuka atau peradangan apa pun dapat memfasilitasi penularan atau penularan virus.

Indonesia Urutan Pertama Paling Banyak Pria Disunat di Asia Tenggara

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Illinois di Chicago dan Nyanza Reproductive Health Society (NRHS), bahwa dari 232 laki-laki yang diteliti,  95 persen dari semua luka sunat disembuhkan selama enam minggu. 

"Hampir 65 persen disembuhkan pada minggu keempat, dan 83 persen disembuhkan pada minggu kelima," kata peneliti yang melakukan penelitian di Pusat Penelitian dan Pelatihan UNIM di Kisumu, Kenya, yang dilansir dari fhi360, Rabu 12 September 2018. 

Penelitian itu juga menemukan, laki-laki  dengan HIV-positif dan HIV-negatif tidak berbeda dalam waktu yang dibutuhkan untuk sembuh. Peserta studi juga cenderung percaya bahwa penyembuhan luka sendiri lama daripada yang dilakukan oleh dokter.  

"Hanya tujuh persen dari peserta melaporkan melakukan hubungan seks tanpa kondom sebelumnya penyembuhan luka bersertifikat," kata peneliti. 

Secara keseluruhan, hampir 38 persen pria melaporkan melakukan hubungan seks sebelum 42 hari, tetapi lebih dari 81 persen pria tersebut melaporkan menggunakan kondom atau sudah sembuh. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya