Stres dan Kelelahan, Waspada Gejala Gangguan Pendengaran

Telinga.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Gangguan pendengaran adalah salah satu gangguan kesehatan yang umumnya disebabkan oleh faktor usia atau karena sering terpapar suara yang nyaring atau keras. 

Apakah Penyandang Tunarungu Bisa Belajar untuk Berbicara?

Pendengaran bisa dikatakan terganggu jika sinyal suara gagal mencapai otak. Gangguan pendengaran dapat terjadi tiba-tiba, tetapi seringkali terjadi bertahap dan tidak disadari pada awalnya. 

Beberapa tanda dan gejala awal gangguan pendengaran bisa dikenali dengan beberapa gejala seperti sering meminta orang lain untuk mengulang perkataannya, selalu kelelahan atau stres karena harus berkonsentrasi saat mendengarkan hingga membuat seseorang tiba-tiba menarik diri dari pembicaraan karena kesulitan dalam mengikuti pembicaraan.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Tentunya gangguan pendengaran tidak bisa dianggap sebelah mata karena gangguan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi apa saja penyebab  gangguan pendengaran? 

Spesialis THT, dr. Syahrial Marsinta Hutauruk, Sp.THT-KL(K) akan menjelaskan seputar masalah gangguan pendengaran dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Senin 17 September 2018.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Dipandu host dr Sheila Salsabila, BMedSc dan Indra Bekti, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini.

Bahaya Earphone

Awas, Sering Pakai Headset Picu Gangguan Pendengaran

Kebiasaan menggunakan headset dengan volume tinggi rupanya akan dapat berisiko terjadi gangguan pendengaran.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2022