Kondisi Medis Pasien Korban Gempa Palu dan Donggala

Tim Basarnas evakuasi korban tsunami di Pantai Talise Palu Sulawesi Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Tado

VIVA – Masih hangat kabar duka dari Lombok yang diguncang gempa pada beberapa waktu lalu. Belum rampung penanganan pengungsi di Lombok, gempa kembali melanda Tanah Air dan kali ini mengguncang Palu dan Donggala hingga tsunami menerjang.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Gempa yang melanda Palu dan Donggala pada Jumat, 28 September 2018, menjelang maghrib itu sangat kuat. Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut magnitudo gempa tersebut mencapai 7,4 pada Skala Richter. Gempa tersebut menimbulkan tsunami di pesisir pantai Palu. Dua peristiwa alam yang berbarengan itu mengakibatkan angka korban jiwa yang tinggi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB merilis kabar pada Minggu, 30 Maret 2018. Menurut BNPB, hingga Minggu, pukul 13.00 WIB, sudah 832 orang tewas, 821 orang tewas di Palu dan 11 lainnya korban di Donggala. Korban luka berat tercatat 540 orang, dan jumlah pengungsi mencapai 16.732 jiwa. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengakui, jumlah korban masih bisa terus bertambah. Sebab masih banyak korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan, namun tak bisa dikeluarkan karena tak ada alat berat yang bisa digunakan untuk membantu menemukan mereka.

Aktivitas sosial di Palu dan Donggala juga lumpuh total. Listrik yang padam dan jaringan telepon yang tak berfungsi membuat sengsara warga semakin nyata. Komunikasi menjadi sulit, dan warga tak bisa beraktivitas dengan nyaman karena suasana yang gelap.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Lalu seperti apa kabar terkini dari Palu dan Donggala? Mari tahu lebih lanjut kondisi di Palu dan Donggala bersama Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi dr Ibrahim Agung, Sp.KFR. yang akan memberi live update dalam acara Ayo Hidup Sehat tvOne, tayang hari Senin, 1 Oktober 2018, pukul 13.00-14.00 WIB.

Jika Anda tak sempat saksikan lewat layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini.

Pembangunan hunian tetap (huntap) yang dibangun Kementerian PUPR.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Hunian tetap atau huntap salah satu upaya pemulihan kerusakan infrastruktur pascabencana gempa bumi dan tsunami, di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2023