Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Normalkah?

Ilustrasi pembalut
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lutfi

VIVA – Umumnya, darah yang keluar saat siklus menstruasi berwarna merah. Perubahan warna darah haid selama masa menstruasi juga lumrah terjadi. Mulai dari merah muda, merah terang, merah kecoklatan, hingga coklat kehitaman.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Di awal dan di akhir mentsruasi, aliran darah lebih lambat sehingga tertahan lama di rahim. Dibutuhkan waktu lebih lama sampai darah menstruasi keluar melalui vagina. Inilah penyebab darah yang harusnya merah menjadi hitam atau kecoklatan.

Namun, pada kasus yang langka, darah menstruasi berwarna hitam menandakan adanya penyakit di organ reproduksi. Inilah beberapa kemungkinan penyebabnya.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Adanya Benda Asing di Liang Vagina

Berhati-hatilah saat menggunakan tampon, kondom, ataupun sex toy. Keluarnya darah berwarna hitam ini bisa menjadi pertanda adanya benda asing yang tertinggal di dalam vagina dan menyebabkan infeksi.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Kamu tidak boleh mengabaikan gejala seperti bau tidak sedap dari dalam vagina, gatal dan tidak nyaman di sekitar area vagina, ruam kemerahan dan bengkak di sekitar organ intim, atau perih saat kencing. Kemungkinan ada infeksi di organ intim.

(ch)

BACA SELENGKAPNYA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya