Hati-hati, Kurang Nutrisi Bisa Bikin Gampang Lupa

Ilustrasi lupa
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Otak merupakan organ tubuh paling penting di mana semua informasi akan terserap dan tersimpan. Sehingga otak bisa berperan sebagai komputer pengendali seluruh bagian tubuh, seperti mengingat, mempelajari pengetahuan baru, mengantuk dan sebagainya.

Studi: Lewatkan Sarapan Meningkatan Risiko Demensia Empat Kali Lipat

Otak memerlukan 50 persen dari seluruh kebutuhan energi atau tenaga dalam tubuh. Kurangnya nutrisi otak sangat memengaruhi daya ingat dan fokus seseorang akan suatu hal yang berujung pada "mudah lupa".

Mudah lupa bukan saja menjengkelkan, namun dapat mengganggu aktivitas penting lainnya. Kurangnya nutrisi ke otak, sangat memengaruhi kemampuan otak dalam merekam suatu informasi. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Untuk menjaga otak tetap sehat, diperlukan pola hidup sehat. Hindari stres dan depresi serta mulai mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi membuat pasokan oksigen ke otak secara otomatis akan berkurang, ini akan membuat kinerja otak melemah dan berujung pada keadaan di mana seseorang akan mudah lelah dan lupa.

Mengonsumsi suplemen yang mengandung asam amino dan omega 3 sangat dianjurkan agar otak dapat bekerja secara maksimal. Suplemen omega3 disinyalir bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah mudah lupa, benarkah demikian?

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B12, Mirip dengan Demensia

Cari tahu semua informasi mengenai nutrisi otak dan mencegah mudah lupa di program Ayo Hidup Sehat tvOne pukul 13.00-14.00 WIB bersama dr. Lula Kamal.

Jika Anda tak sempat menyaksikan lewat layar kaca, AHS bisa disaksikan live streaming di laman ini.

Ilustrasi pria stres atau marah.

12 Gejala ADHD yang Sering Tak Disadari pada Orang Dewasa

Gangguan hiperaktivitas dan kurang perhatian atau untreated attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yang tak diobati dapat mengganggu keseharian berikut gejalanya

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023