Studi: Konsumsi Coklat, Teh, dan Kopi Bisa Bikin Panjang Umur.

Ilustrasi secangkir kopi panas.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Kandungan coklat seringkali diperdebatkan. Beberapa menyebut, konsumsi coklat dapat membuat tubuh lebih gemuk, sementara yang lainnya menyebut konsumsi cokelat membawa banyak manfaat kesehatan.

Viral Sensasi Baru Kopi Daun Bawang Jadi Tren di Tiongkok, Gimana Rasanya?

Belakangan juga banyak yang menyebut bahwa coklat bisa membuat panjang umur. Orang yang rutin mengonsumsi coklat disebut mempunyai harapan hidup yang lebih lama. Tapi benarkah semua hal itu?

Dilansir laman The Independent ternyata ada sebuah penelitian baru yang menyebut bahwa konsumsi cokelat, kopi dan teh dapat membantu seorang memiliki harapan hidup lebih lama. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Namun penelitian itu menyebut konsumsi ketiga hal itu harus dibarengi dengan konsumsi suplemen zink. Alasannya, senyawa zink mampu mengaktifkan senyawa dalam tubuh yang mampu memperlambat penuaan.

Peneliti yang dilakukan di Universitas Erlangen Nuremberg dan Universitas Auburn di Alabama ini menyebutkan bahwa kombinasi antara kopi, cokelat, teh dan zink juga dapat melindungi tubuh terhadap 'stres oksidatif' yang terjadi secara alami. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Seperti diketahui stres oksidatif bisa  menyebabkan penuaan dan penyakit lain seperti kanker, peradangan, atau penyakit degeneratif. 

Acara festival kopi

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

Edukasi soal beragam jenis kopi lokal di Indonesia hingga adanya karakteristik unik masing-masing kopi. Setelah memberikan sosialisasi, kita bisa membuat sebuah acaranya.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024