Kulit Buah Duku Mampu Usir Serangga, Benarkah?

Buah duku
Sumber :
  • youtube

VIVA – Buah duku memang mudah dijumpai di manapun. Dari pedagang buah dadakan hingga mereka yang telah memiliki kios. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Buah ini banyak dihasilkan dari daerah kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Ogan Komering, Kabupaten Musi Bayu Asin, Sumatera Selatan. Duku memiliki karakter rasa yang manis dan menyegarkan, bahkan digadang-gadang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan.

Bersama dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 18 Februari 2019, berikut ini fakta dan mitos seputar buah duku. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Kendalikan kadar kolesterol?

Fakta. Hampir semua buah bisa menurunkan kadar kolesterol karena ada serat, tapi harus dibarengi diet yang sehat. 

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Dalam 100 gram buah duku terdapat hanya 0,8 gram serat, sedangkan kebutuhan serat tubuh kita 25 gram per hari. Meski aman, namun menurut Juwalita, konsumsi duku berlebih juga tidak baik.

"Dimakan berlebihan juga berbahaya, per 100 gram duku, kira-kira 12 butir kalori 65, seringnya orang makan duku banyak, kalori jadi meningkat." 

Bermanfaat untuk kelancaran pencernaan?

Fakta. Menurut Juwalita, ada penelitian menyebut bahwa buah duku mengandung oligosakarida, makanannya bakteri baik di pencernaan. Kalau bakteri dapat makanan, mereka tumbuh berkembang, lingkungan di usus jadi sehat. 

Kulit buah duku bisa mengusir serangga?

Fakta. Di beberapa review kulit duku dapat mengusir serangga, namun dalam bentuk ekstrak. "Ekstrak kulit duku ternyata punya efek insektisida bisa membunuh nyamuk." 

Mencegah penuaan dini?

Mitos. Sebetulnya buah manfaatnya baik, untuk mencegah penuaan yang diperlukan adalah yang mengandung antioksidan. Duku memang mengandung vitamin C, tapi untuk 100 gram (12 butir) hanya 9 miligram. 

Baik menguatkan gigi?

Mitos. Buah duku mengandung kalsium, magnesium, fosfor tapi kandungannya tidak terlalu tinggi. Kalsium hanya belasan gram, sementara yang kita butuhkan ratusan gram. 

Agar tak berlebihan mengonsumsi duku, Juwalita memberkan tips aman mengonsumsinya. "Duku bermanfaat karena buah-buahan yang ada antioksidan, serat, tapi harus diimbangi konsumsi buah lainnya. Paling penting kalau mau konsumsi duku ambil secukupnya 12 butir setara 65 kalori, itu cukup yang dimakan," tuturnya.(rna)  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya