Sering Bisulan? Ini Penyebabnya

ilustrasi bisul
Sumber :
  • Flickr

VIVA – Pernah mengalami bisul di bagian wajah? Jika iya, pasti tahu betapa tidak menyenangkannya hal tersebut. Terlebih jika bisul muncul di kelopak mata atau sering disebut bintitan. Di masyarakat, jika bintitan, ada orang akan berasumsi bahwa Anda baru saja mengintip orang mandi atau berganti pakaian. 

Pemotretan dengan Mata Bintitan, Nikita Willy Tetap Tampil Cantik dan Menawan

Hal yang lucu namun terus berkembang di masyarakat tentang bisul ini sebenarnya semakin mengaburkan penyebab bisul itu sendiri. Bisul adalah benjolan merah dan biasanya muncul di bagian wajah, leher, ketiak, bokong. Benjolan yang muncul sebagai akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus tersebut biasanya menimbulkan rasa sakit, dan berisi nanah. 

Nah selain mitos di atas, ada yang mengatakan bisul disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah lho. Tapi benarkah demikian? Pakar spesialis kulit dan kelamin, dr.Atika Kusuma Dewi,Sp.KK akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Jumat 8 Maret 2019 pukul 13.00.

Penyebab Bintitan Beserta Gejala, Jenis dan Cara Menanganinya

Selain bisul, dalam segmen lainnya ada banyak informasi kesehatan lain yang penting untuk diketahui, seperti efek sering mengkonsumsi makanan berpengawet bersama narasumber spesialis gizi klinis dr. Marya Warascesaria Haryono, Sp.GK. Tak hanya itu, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. (ldp)

Ilustrasi mata bintitan.

Awas Bintitan Berulang, Bahaya Tumor di Mata Mengintai

Selain tumor di kelopak mata, munculnya sel tumor sendiri dapat terjadi di bagian putih mata yang mana benjolannya tumbuh dengan cepat.

img_title
VIVA.co.id
7 Juli 2023