Tips Pilih Produk Kesehatan yang Aman Dikonsumsi

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Di tengah padatnya aktivitas dan pekerjaan, menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan dengan menjaga pola makan yang baik dan juga berolahraga. Yang tak kalah penting bagi beberapa orang, asupan gizi tambahan juga dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi tubuh.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Namun tak terbayangkan berapa banyak produk suplemen kesehatan yang beredar di pasaran, lalu bagaimana cara memilih produk yang tepat bagi tubuh?

Spesialis Gizi sekaligus Ketua ISNA (Indonesia Sport Nutritionist Assiciation), Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa kehadiran suplemen dalam kehidupan manusia sudah semakin berkembang dan menjadi nilai fungsional. Suplemen yang beredar di pasaran bisa mengandung satu jenis zat gizi atau bahkan lebih dari satu.

Suplemen Penurun Kolesterol Jepang Diduga Picu Gagal Ginjal, Sudah Beredarkah di Indonesia?

"Setiap suplemen memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda, sehingga Anda harus tahu suplemen apa yang dibutuhkan oleh tubuh," ujarnya dalam talkshow ‘Pentingnya Memilah Produk Kesehatan Yang Aman Dikonsumsi Tubuh’, di peluncuran kemasan baru Muscle First Senin 15 April 2019. 

Peluncuran kemasan baru Muscle First

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

Selain itu lewat rilis yang diterima VIVA Selasa 16 April 2019 ia juga menyarankan untuk memilih produk yang telah lolos uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan kualitas dan identitas produk tersebut dengan benar.

"Harus pilih produk yang telah berlogo BPOM. Dengan adanya label tersebut, Anda bisa mengetahui identitas produk tersebut. Selain itu, masyarakat bisa melihat segala macam komposisi dan kandungannya," ucapnya.

Sementara itu dalam produk suplemen penting juga dilihat bahan baku apa saja yang terkandung dalam suplemen tersebut. CEO Muscle First, Clinton Augusto menyebut, untuk membuat tubuh tetap fit, terutama bagi orang yang gemar berolahraga dan fitness dibutuhkan komposisi di dalamnya seperti protein, whey (gandum), susu hingga kreatin.

Berikut ini beberapa produk suplemen yang disarankan:

1. M1 Gold Pro BCAA 

Produk ini sangat cocok bagi siapa saja yang baru memulai fitness (pemula) yang berfungsi membentuk massa otot dengan cara mengikat cairan dalam tubuh. 

2. M1 Gold Pro Isolate 

Whey protein murni dengan daya serap 90 persen yang terbukti efektif menambah asupan protein harian sehingga membuat pertumbuhan otot menjadi sempurna. Memiliki 110 kalori atau penyajian, produk ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin menjaga bentuk tubuh ideal. 

3. M1 Gold Pro Creatine 

Produk ini berguna untuk mengikat massa air dalam tubuh dan membentuknya menjadi otot, sehingga meningkatkan ukuran dan kekuatan otot. Produk ini menambah durabilitas dan kekuatan dalam berolahraga. 
 
4. M1 Gold Pro Gainer 

Berat badan ideal menjadi faktor penting dalam membentuk tubuh ideal. Mengandung 55 gram protein, 1030 kalori dan 160 gram karbohidrat, Pro Gainer berguna membantu menambah berat badan secara signifikan dengan kandungan bahan-bahan alami seperti gandum dan susu protein yang kaya akan mineral dan gizi.

5. M1 Gold Pro Casein 

Dibuat dari campuran whey protein dan telur yang berguna menjaga asupan protein dalam tubuh selama 8 jam, sehingga otot dapat pulih secara sempurna setelah dilatih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya