Manusia Konsumsi Mikroplastik Sebesar Kartu ATM Setiap Minggu

Ilustrasi sampah plastik di laut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Isu mikroplastik mencuat di berbagai belahan dunia dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini muncul lantaran makin banyaknya sampah plastik yang tidak dapat terurai dan terdaur ulang. 

Fokus Gencarkan Daur Ulang Sampah

Kini sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti di University of Newcastle, Australia mengungkapkan hasil yang mengejutkan. Para peneliti mengungkapkan bahwa akibat maraknya mikroplastik, manusia melahap sekitar 5 gram mikroplastik dalam makanan mingguan mereka atau kurang lebih sebesat kartu ATM. 

“Untuk pertama kalinya, penelitian ini menawarkan estimasi yang tepat tentang jumlah plastik yang dicerna manusia,” kata Dr Thava Palanisami, yang mengambil bagian dalam penelitian ini.

Apparel Ramah Lingkungan Racikan Alva Hadir di IIMS 2024

Dilansir NyPost, para peneliti, yang menganalisis lebih dari 50 studi tentang mikro plastik menemukan bahwa sebagian besar dari 2 ribu partikel plasik yang dikomsumsi manusia setiap minggu berasal dari air minum biasa, baik dengan keran atau botol.

Palanisami mengatakan, hasilnya memberikan dasar untuk studi di masa depan tentang dampak kesehatan dari plastik yang dikonsumsi secara tidak sengaja. Kerang adalah sumber plastik paling umum kedua dalam diet seseorang. Bir dan garam juga merupakan salah satu sumber lainnya

Produk Baru di IIMS 2024 Ini Bisa Jaga Tampilan Kendaraan

WWF mengatakan bahwa mereka berharap studi ini akan mempertingatkan pemerintah di berbagai negara untuk mengambil tindakan dan mengatur limbah plastik.

“Plastik mencemari tidak hanya lautan dan saluran air kita, tetapi juga kehidupan laut dan manusia. Tindakan global yang mendesak diperlukan untuk menghadapi krisis ini," kata juru bicara organisasi itu. (tsy)

Peringati Hari Bumi, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung Peringati Hari Bumi

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Peringatan Hari Bumi Sedunia, jatuh setiap tanggal 22 April. Menyambut Hari Bumi tahun ini, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menggelar penanaman seribu pohon.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024