Benarkah Soda Bikin Gigi Keropos?

minuman bersoda
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Minuman berkarbonasi atau lebih dikenal dengan soda, menjadi salah satu minuman favorit di kala panas dan dahaga. Sensasi segar yang ditimbulkan membuat minuman ini banyak dipilih orang.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Tapi, konsumsi soda dalam jumlah banyak bisa berdampak buruk pada kesehatan. Minuman karbonasi. Menurut dr. Marya Haryono, SpGK, minuman berkarbonasi banyak yang memiliki tambahan gula sehingga bisa berbahaya bagi pengidap diabetes.

"Soda ada yang didapat secara alami yang dikenal dengan sparkling water. Sedangkan soda yang ada tambahan gula dan perasa harus dihindari untuk mencegah efek tidak baik," kata Marya dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 25 Juni 2019.

dr. Zaidul Akbar: Begini Efek Buruk Minum Segelas Air Soda

Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya pilih air yang tanpa campuran apa pun. Kebutuhan air yang tercukupi dengan baik bisa menekan proses penuaan tubuh.

Di samping kandungan gulanya, banyak juga yang beranggapan soda bisa membuat gigi keropos. Namun, menurut Marya, belum ada penelitian yang membuktikan minuman bersoda membuat keropos gigi. Tapi, ia menyarankan agar menghindari soda yang memiliki penambahan rasa asam atau sitrus. (tsy)

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?
Ilustrasi rambut rontok.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Diet yang benar adalah diet yang seimbang mulai dari gizi dan kandungan nutrisinya. Diet bisa sebabkan rambut rontok.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021