Menguak Manfaat Luar Biasa Secang untuk Kesehatan

Proses pembuatan wedang secang.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengandalkan obat tradisional atau herbal dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan adalah kayu secang yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Disebut Minuman Sampah, Wedang Uwuh Punya Sejuta Manfaat

Dokter spesialis farmakologi, dr. Lonah, SpFK menuturkan, menurut uji praklinik, secang memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bersifat hepaprotector atau pelindung sel hati dari kerusakan radikal bebas.

"Tapi, menjaga kesehatan hati tidak cukup hanya dengan secang. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah imunisasi, istirahat yang cukup, menghindari asupan alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan rutin untuk masalah hati," ujar Lonah dalam program Ayo Hidup Sehat Plus di tvOne, Jumat, 28 Juni 2019.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Selain itu, secang juga dipercaya bisa mengatasi gejala masuk angin seperti demam, batuk pilek, sendawa, dan kembung. Caranya, jadikan secang menjadi minuman hangat. Namun, untuk cepat menyembuhkan masuk angin, perbanyaklah minum air putih, banyak istirahat, dan konsumsi buah serta sayuran.

Secang juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut Lonah, secang merupakan salah satu produk herbal yang kaya antioksidan yang bermanfaat sebagai antiperadangan, hepaprotector, dan melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

"Tapi, meningkatkan imunitas tidak cukup minum secang saja. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin olahraga, makan bergizi, minum air putih, dan istirahat cukup," imbuh Lonah.

Yang lebih luar biasa, secang juga memiliki kandungan yang dapat menurunkan risiko penyakit tumor. Secang memiliki kandungan flavon dan flavonoid dan indeks aktivitas antioksidannya setara dengan vitamin C dan E, sehingga bisa melawan radikal bebas dan stres oksidatif.

Radikal bebas dan stres oksidatif merupakan faktor risiko terjadinya tumor. Tapi, untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah sel tumor, tidak cukup dengan secang saja. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, istirahat cukup, dan hindari stres.

Meski berkhasiat tinggi, tapi Lonah mengingatkan agar tidak mengandalkan secang saja untuk mengatasi masalah kesehatan. Seperti untuk mengobati diabetes atau asam urat.

"Secang adalah salah satu tanaman herbal yang baik dan aman dikonsumsi rutin. Tapi, bagi penderita kencing manis, asam urat, tidak dianjurkan mengonsumsi untuk tujuan pengobatan karena belum terbukti manfaatnya dalam mengobati pasien," kata Lonah. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya