Kenali Gejala Kanker Paru, Penyakit yang Diderita Ichsan Yasin Limpo

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mantan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo,  meninggal dunia dalam perawatan kesehatannya akibat kanker di Jepang pada Selasa pagi waktu setempat, 30 Juli 2019.

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!

Kabar duka itu telah dikonfirmasi oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, melalui akun Twitter @humasgowa: "Innalillahi Wa Innailahi Rojiun... Segenap jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengucapkan Turut Berduka Cita atas Wafatnya Bupati Gowa Periode 2005-2010 dan 2010-2015, Bapak DR.H.Ichsan Yasin Limpo, SH, MH. Semoga beliau husnul khotimah..."

Putra kedua Almarhum, Adnan Purichta Ichsan yang saat ini menjabat sebagai Bupati Gowa Sulawesi Selatan mengatakan, Ichsan Yasin Limpo menderita penyakit kanker paru-paru dan sempat dirawat di rumah sakit Singapura selama empat bulan dengan menjalani proses kemoterapi. Namun tak kunjung membaik akhirnya almarhum dirujuk ke Rumah Sakit Juntendo, Tokyo Jepang.

Patterns of Hope, Acara Kemanusiaan dari Generasi Muda Jakarta

“Bapak ketahuan mengidap kanker stadium 4 sejak empat bulan yang lalu. Itu diketahui saat bapak periksa di RS Mount Elizabeth Singapura,” kata Adnan Purichta Ichsan.

Kisah meninggalnya Ichsan Yasin Limpo akibat kanker paru paru, tentu bisa jadi kewaspadaan untuk banyak orang agar selalu menjaga kesehatan. Nah, agar terhindar dari penyakit kanker paru paru ini, tak ada salahnya, Anda tahu gejala kanker paru-paru stadium awal yang seringkali diabaikan. Berikut gejala yang perlu dikenali seperti dikutip Alodokter.

Cegah Kontaminasi Bromat Berlebih pada Air Minum, Pemerintah Diminta Proaktif

Gejala Kanker Paru Stadium Awal

Tidak mudah menyadari keberadaan gejala kanker paru-paru pada stadium awal, karena kebanyakan dari gejala penyakit ini tidak khas dan seringkali mirip dengan penyakit lain, seperti tuberkulosis, efusi pleura, pneumonia, bronkitis, dan abses paru. Gejala yang dapat muncul pada kanker paru stadium awal, antara lain:

1.Batuk yang berkelanjutan
2.Batuk berdarah
3.Mengalami sesak napas
4.Rasa nyeri di dada
5.Suara menjadi serak
6.Mengi
7.Penurunan berat badan drastis

Selain gejala yang telah dijelaskan di atas, terdapat pula beberapa tanda lainnya yang dapat mengindikasikan kanker paru, seperti demam, mudah lelah, kesulitan makan atau menelan, kehilangan nafsu makan, jari membengkak, dan munculnya benjolan yang mencurigakan pada tubuh Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda mendeteksi sejak dini gejala kanker paru-paru stadium awal, supaya dapat tercegah dari sakit seperti yang diderita Ichsan Yasin Limpo.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya