Salah Posisi Duduk Bikin Pekerja Kantoran Rentan Sakit

Ilustrasi duduk terlalu lama.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kamu kerap menghabiskan waktu kerja 8-9 jam dengan duduk di kursi? Jika merasa pegal di bagian punggung dan leher, maka itu adalah hal yang wajar.

Tak Cuma Ikonik, Rest Area Heritage KM260B Siap Beri Layanan Pijat Gratis Bagi Pemudik

Menurut pakar rheumatoid, Prof Dr Harry Isbagio SpPD-KR, banyak pekerja kantoran yang mengalami sakit pada bagian tubuh, akibat duduk dalam posisi sedikit membungkuk.

"Posisi bekerja di kantor jangan membungkuk. Posisi yang pas adalah, sandaran kursi mengikuti lekukan tubuh dan menyandar kepada kursi," ujarnya di Jakarta belum lama ini.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Harry menjelaskan, posisi duduk menyandar bisa mengurangi beban tubuh saat menopang berat. Agar otot tidak kaku setelah lama berdiam diri, maka disarankan untuk melakukan peregangan tiap beberapa jam.

Ilustrasi wanita nyeri pinggang akibat duduk terlalu lama.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

"Posisi yang pas adalah tubuh bersandar ke belakang, semua badan kita ditopang oleh kursi. Sandaran kursi yang baik adalah mengikuti lekukan tubuh kita, dan juga kursi dekat dengan meja. Disarankan juga setiap dua jam istirahat, lakukan stretching kalau bisa," tuturnya.

Tidak lupa, Harry mengingatkan untuk minum air putih yang cukup, agar menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi saat bekerja berjam-jam.

"Jangan sampai minum air putihnya kurang. Karena kalau dehidrasi, akan menimbulkan otot sakit," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Sales and Marketing Director Advance, Hendra. Ia menjelaskan, kesibukan berlebih yang dilakukan kaum muda dapat menimbulkan kelelahan dan stres, yang akhirnya membuat kita lebih rentan terkena penyakit, mulai dari flu hingga gangguan tidur.

Itu sebabnya, Advance menawarkan kursi yang dapat merelaksasi otot tubuh yang kaku, usai melakukan aktivitas berat maupun akibat terlalu lama duduk dengan posisi yang salah.

Dirancang dengan warna yang lebih menarik, kursi rancangan Advance bisa direbahkan hingga 350 derajat. Produk Advance Ichiro Young2 akan memberi pijatan maksimal pada leher, bahu, punggung, pinggul, dan betis. Efektif untuk mengurangi sakit pinggang dan melancarkan sirkulasi darah.

Selain itu, Advance juga meluncurkan produk baru, yakni Neo Neck Cushion3 di kelas portable massager. Alat pijat harga Rp1 jutaan ini mudah dioperasikan dan dibawa ke mana saja.

Kursi pijat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya