Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

Alexandra Asmasoebrata
Sumber :
  • Alexandra Asmasoebrata

JAKARTA – Sebagai seorang pembalap sekaligus ibu dari dua buah hatinya, Alexandra Asmasoebrata harus selalu menjaga stamina, kesehatan, dan penampilan di setiap kesempatan. Bisa terus menjalani aktivitas sebagai pembalap dan membagi perhatian untuk keluarga, rupanya Alexandra punya tips agar selalu bugar.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Untuk itu, ia kerap memengonsumsi air putih dikesehariannya. Hal tersebut diungkapkan wanita berusia 35 tahun tersebut saat dijumpai di acara IMI Women In Motorsport Festival Vol 1 di Sentul Otopark, Minggu, 10 Desember 2023.

“Mengonsumsi air putih setiap hari adalah kunci kesehatan tubuhku. Selain itu, aku rutin minum vitamin D, Magnesium, Probiotik dan Calsium,” kata Andra sapaan akrab Alexandra lewat rilis yang diterima VIVA.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Tak hanya itu, ia kini menghindari makanan yang mengandung gula dan minyak berlebih.

“Aku sudah satu tahun belakangan ini gluten free. Walau masih belum bisa full, aku harus bisa konsisten untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yg mengandung gula. Dan aku sudah sangat ngurangin makanan yang di goreng-goreng. Hal tersebut aku lakukan agar tubuhku menjadi lebih sehat,” paparnya. 

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

Alexandra yang kini tengah mengedukasikan motorsport kepada  seluruh perempuan-perempuan muda Tanah Air agar tertarik menjadi dengan salah satu cabang olahraga motorsport.

“Aku bersama teman-teman pembalap perempuan lainnya membuat acara IMI Women In Motorsport Festival Vol 1 untuk mengenalkan lebih dalam kepada teman-teman perempuan khususnya di dunia balap itu banyak sekali profesi-profesi yang memerlukan atau yang bisa mereka (para perempuan) geluti,” jelasnya.

“Selama ini yang kita tahu dunia balap itu didominasi oleh kaum laki-laki, jadi kita mau mengajak lebih dalam lagi para perempuan-perempuan untuk terjun di dunia balap, tidak hanya menjadi pembalap, tapi mereka tahu bagaimana dibalik kemudi ataupun dibalik sebuah tim balap itu ternyata banyak sekali profesi-profesi lain yang memiliki peran penting yang tidak melulu harus laki-laki di dalam industri balap,” sambungnya.

Alexandra Asmasoebrata

Photo :
  • Alexandra Asmasoebrata

Dalam acara IMI Women In Motorsport Festival Vol 1, Alexandra dan beberapa pembalap lainnya mendampingi 45 peserta perempuan yang ikut memeriahkan ajang ini.

“Di acara ini (IMI Women In Motorsport Festival Vol 1) kita mengundang 45 peserta perempuan, animonya sangat baik sekali. Dari 75 yang mendaftar, kita kurasi menjadi 45 peserta,” katanya

Berbagai kegiatan menarik seperti Slalom Coaching Season, Coordination & Reaction Game, Simulator Racing, Drag Fest Pitwalk Experience, dan Career Talk menambah semarak acara yang diikuti langsung oleh perempuan dari usia 12 - 30 tahun ini.

Sebagai sosok senior di industri balap, Alexandra memiliki harapan untuk adanya penerus di dunia balap perempuan di Indonesia. “Kalau dari saya sebagai seorang pembalap, saya ingin sekali banyak pembalap-pembalap lainnya bermunculan. Jujur saat ini pembalap perempuan itu ada, tapi tidak menjamur, tidak cepat growingnya, kadang ada kadang nggak ada. Dan saya berharap dengan adanya acara seperti ini, seluruh perempuan Indonesia bisa mencoba dan merasakan sensasi menjadi seorang pembalap,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya