Minyak Kelapa Murni Bisa Haluskan Kulit hingga Atasi Alergi

Ilustrasi Minyak kelapa Murni
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Beberapa tahun belakangan nama Virgin Coconut Oil atau minyak kelapa murni banyak diperbincangkan orang. Hal ini karena manfaat yang dikandungnya untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Benarkah demikian?

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Meski nenek moyang kita pernah membuatnya dengan sebutan Minyak Kelapa namun Virgin Coconut Oil atau biasa disebut dengan VCO ini memang sedikit berbeda dari Minyak kelapa. Pertama, warna VCO lebih bening dibandingkan Minyak kelapa yang agak sedikit kekuningan.

Perbedaan ini karena VCO diolah melalui mekanisme pemanasan dengan temperatur rendah dan konstan, sedangkan Minyak kelapa yang dibuat secara tradisional umumnya pemanasan dengan suhu tinggi dan tidak konstan, sehingga warna yang dihasilkan pun kekuningan.
  
Kedua, ternyata dari kandungan VCO tersebut, ampuh untuk memberi manfaat kesehatan pada kulit. Sebab, kandungan baik VCO bisa membuat kulit menjadi lebih halus.

Bayi Alami Sariawan? Mom Bisa Pilih Obat Alami atau Medis

"Fakta bahwa VCO dapat dioleskan pada kulit dan membuat kulit dan rambut lebih licin," ujar spesialis farmakologi klinik, Prof Dr dr Purwantyastuti MSc SpFK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 25 November 2019.

Tak hanya itu, VCO juga bisa bermanfaat bagi tubuh yang kerap mengalami alergi di kulit. Dengan diaplikasikan secara topikal pada kulit, bagian yang kerap rentan pada alergi bisa diminimalisir dengan perlahan.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

"Penelitiannya cukup banyak, bisa dipakai pada yang dermatitis alergi. Tapi bukan diminum, harus dioleskan saja," jelasnya.

Ilustrasi nasi.

Agar Gula Darah Tak Melonjak, Begini Trik Masak Nasi ala Zaidul Akbar

Seiring dengan tren gaya hidup sehat yang kini mulai dilakoni banyak orang, makan nasi yang dulunya merupakan menu wajib dalam makanan sehari-hari kini mulai dialihkan.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024