Manfaat Baik Konsumsi Tom Yam untuk Tubuh

Tom Yam Goong.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tom yam merupakan makanan khas Thailand yang memiliki rasa khas yang asam dan pedas. Selain kuahnya yang segar, tom yam berisi berbagai macam seafood yang jadi favorit banyak orang.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Tapi, di balik rasanya yang selalu membuat ketagihan, tom yam juga memberikan manfaat baik untuk tubuh. Sebabnya, tom yam dibuat dari beragam bumbu dan rempah yang kandungannya menyehatkan untuk tubuh.

Menurut dokter spesialis gizi dr. Ida Gunawan, SpGK, tom yam bisa meningkatkan kekebalan tubuh salah satunya karena bahan serai yang ada di dalamnya.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

"Serai mengeluarkan banyak minyak atsiri. Minyak atsiri punya efek antiinflamasi, menurunkan sistem peradangan," ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 16 Desember 2019.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat bawang putih yang memiliki efek antibakteri. Sehingga, bagus untuk memelihara sistem komensal di dalam usus besar. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun ikut meningkat.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Lalu, ada pula daun jeruk yang memiliki kandungan antioksidan dan air jeruk nipis yang memberikan rasa asam yang kaya akan vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C sangat baik untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Namun, konsumsi tom yam harus dibatasi, terutama bagi yang memiliki kolesterol tinggi. Karena, sup tom yam biasanya berisi banyak sekali seafood seperti udang dan cumi. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memodifikasi tom yam dengan memperbanyak isian sayuran seperti kol, brokoli, kembang kol, dan tomat. Bisa juga mengganti seafood dengan ayam tanpa kulit dan ikan.

Ilustrasi Tomyam

Resep Tom Yam, Jelajah Kuliner Thailand dari Rumah

Resep Tom Yam merupakan makanan khas thailand yang biasanya juga dapat di temukan restoran-restoran negara itu, makanan ini sudah sangat terkenal kenikmatannya,

img_title
VIVA.co.id
2 Juni 2022