Jangan Sembarangan, Begini Cara Pakai dan Buang Masker yang Benar

Masker
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wabah virus corona yang kini sudah diberi nama COVID-19 oleh WHO, yang terjadi sejak akhir tahun 2019 lalu, membuat permintaan masker mulut dan hidung meningkat. Masker memang menjadi salah satu alat perlindungan untuk mencegah penularan virus.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Bahayakan Kesehatan, BMKG Imbau Warga Pakai Masker

Namun, penggunaan masker yang benar sangatlah penting sehingga dapat memaksimalkan fungsinya. Jangan sampai penggunaan masker yang salah malah membuat kemungkinan penyebaran virus menjadi lebih tinggi.

Dokter Penyakit Menular di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena Singapura, dr. Leong memperingatkan ketika memakai masker hindari menariknya hingga ke dagu. Sebab, masker akan membawa kotoran atau kuman dari dagu kembali ke hidung atau mulut.

Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Intip 4 Jenis Sheet Mask yang Bikin Wajah Glowing

Ketika mendemonstrasikan pemakaian masker , Leong sekali lagi menekankan pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah mengenakan masker. Saat dipakai, masker harus menutupi area hidung dan dagu.

"Taruh di dalam kantung yang bisa ditutup kembali jika kamu akan memakainya lagi. Kamu bisa menambahkan beberapa desiccant gel di dalam kantung agar tetap kering dan mengurangi kemungkinan kuman tumbuh di masker," kata dia seperti dikutip dari laman AsiaOne

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Lalu, berapa lama durasi penggunaan masker mulut dan hidung yang efektif? Healthhub mengatakan, masker hanya bisa dipakai selama maksimal delapan jam dan yang terbaik adalah menggantinya secara teratur agar tetap efektif. 

Tetapi, Leong menjelaskan, jika masker kering dan tidak sobek, kamu bisa memakainya selama enam hingga 12 jam, atau lebih. 

"Saya telah menggunakan masker yang sama selama satu atau dua hari, kadang-kadang bahkan paruh pertama hari ketiga," kata dia.

Dia mengingatkan bahwa menggunakan kembali masker berarti menyelamatkan satu masker lagi untuk seseorang yang membutuhkannya.

Leong juga membagikan metode membuang masker hidung dan mulut yang telah dipakai. Pertama, cuci atau bersihkan tangan lagi, lalu lepaskan masker dengan hati-hati tanpa menyentuh permukaan bagian dalam. Lipat ke dalam beberapa kali, ikat dengan tali elastis, sebelum membungkusnya dengan kertas tisu dan membuangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya