Konsumsi Jambu Biji Ampuh Cegah Penularan Virus Corona

Jambu biji
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Virus corona jenis baru atau COVID-19 terus mewabah dan menyebabkan beberapa negara memutuskan untuk lockdown. Seiring dengan banyaknya virus yang rentan menginfeksi, imunitas tubuh harus diperkuat termasuk melalui asupan buah.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Kekebalan tubuh penting untuk kelangsungan hidup. Tanpa sistem kekebalan, tubuh akan terbuka untuk serangan dari bakteri, virus, parasit, dan banyak lagi. Sistem kekebalan tubuh membuat manusia tetap sehat ketika tubuh berada di tengah-tengah lautan patogen.

Menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting. Istirahat cukup dan konsumsi buah yang kaya nutrisi akan membantu tubuh melawan virus penyebab penyakit. Salah satunya Jambu biji yang disebut-sebut ampuh menjadi pengobatan untuk penyakit COVID-19, benarkah?

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Warna merah di jambu biji memiliki kandungan 250 vitamin C, paling tinggi di antara semua buah. Ia juga kaya akan flavanoid dan kandungan lain yang mampu mencegah penempelan virus. Dengan berkurangnya virus sehingga virus yang sudah menempel akan lebih cepat mati," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr Verawati Sudarma, M.gizi, SpGK., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Kamis 19 Maret 2020.

Menurunnya virus di tubuh bisa membantu sistem imun semakin baik sehingga perkembangbiakan virus di tubuh bisa semakin berkurang. Hal itu yang membuat tingkat keberhasilan virus dalam menginfeksi tubuh bisa semakin menurun.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Selain itu, Kandungan vitamin C pada buah juga terbukti mampu mengurangi gejala flu berat. Bahkan, jika asupannya lebih dini, maka gejala flu bisa cepat mereda.

"Dari penelitian juga, dengan kadar vitamin C yang bagus dalam tubuh, bisa kurangi gejala flu berlebih. Awal terserang virus lalu langsung minum vitamin C membuat gejala lebih cepat reda dan sembuh lebih cepat," kata dia.

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024