Kabar Baik, Akhir 2020 Ilmuwan Inggris Prediksi Ada Vaksin COVID-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19/laboratorium.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 yang menyebar di hampir seluruh negara di dunia membuat masyarakat cemas. Bagaimana tidak, virus corona yang pertama muncul di China itu mudah sekali menular dari manusia satu ke manusia lainnya. Selain itu, hal lain yang membuat masyarakat khawatir adalah belum ditemukannya vaksin sebagai penawar dari virus tersebut.

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal

Para ilmuwan dari berbagai negara kini tengah berjibaku dengan waktu untuk secepatnya menemukan vaksin untuk virus corona. Negara yang saat ini sedang menguji vaksin virus corona salah satunya adalah Inggris. Dilansir dari Metro.co.uk, seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa vaksin untuk virus corona akan tersedia pada akhir tahun ini.

Tampil di sebuah acara televisi Good Morning Britain, Seorang ahli vaksin dari Oxford University, Dr. Sarah Gilbert mengatakan kepada penonton bahwa penelitian saat ini berjalan dengan sangat baik. Bebicara dengan pembawa acara, Charlotte Hawkins dan Pies Morgan, ia mengatakan meskipun ia tidak bisa membuat janji apapun, namun hasil dari penelitian sejauh ini menunjukkan hasil yang positif.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Ia melanjutkan bahwa peneliti bekerja semaksimal mungkin. Para peneliti juga memiliki banyak aturan yang harus dipatuhi dalam pengujian vaksin dan memastikan mereka melewati itu semua sehingga semuanya dilakukan dengan sangat aman.

“Kami berusaha memotong jarak dan tumpang tindih tahapan yang berbeda sebanyak yang kami bisa, sehingga kami dapat selesai dengan lebih cepat. Akan sulit untuk mengatakan kapan vaksin akan tersedia,” Dr. Sarah Gilbert menambahkan.

mRNA: Vaksin Masa Depan dan Kunci Ketahanan Nasional?

“Kita perlu mengujinya dan memastikan bahwa itu aman dan berfungsi serta dapat menyembuhkan penyakit. Kami juga harus memastikan, kami memiliki dalam jumlah banyak untuk menyediakannya,” Sarah melanjutkan.

Sebelum segmen itu berakhir, Dr. Sarah Gilbert mengatakan bahwa dia berharap vaksin akan selesai pada akhir tahun 2020 ini.

“Saya sangat optimis kita akan memiliki vaksinnya, harapannya pada akhir tahun ini,” ujarnya.

Penulis: Dion Yudhantama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya