Begini Tips Makan yang Baik Agar Tak Gemuk saat di Rumah Aja

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Sudah tiga pekan masyarakat menjalankan physical distancing dengan tetap tinggal di rumah. Dengan adanya pembatasan kegiatan di luar rumah, tidak sedikit membuat masyarakat yang bosan. 

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Tidak sedikit yang akhirnya mengalihkan rasa bosan dengan mengonsumsi makan-makanan ringan. Sebut saja snack, bahkan beberapa camilan manis. Alhasil, berat badan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama masa karantina mandiri. 

Lalu bagaimana tips agar kita tetap menjaga berat badan selama masa karantina seperti saat ini? Dalam program Hidup Sehat, dr. Verawati Sudarma, MGizi, SpGK menjelaskan, salah satu caranya adalah dengan mendekatkan diri dengan makanan sehat. Dia menyebut simpan makanan yang kaya akan serat dan hindarkan mengonsumsi makanan berlemak. 

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

"Yang harus ada di rumah agar-agar atau jelly. Jangan yang berlemak, karena kalau terlalu tinggi konsumsi makanan yang berlemak bisa menurunkan daya tahan tubuh, konsumsi jelly atau agar-agar karena mengandung serat yang baik untuk daya tahan tubuh," kata dia.

Selain itu, masyarakat juga bisa menyimpan yoghurt sebagai camilan. Sebab, youghurt tinggi kandungan probiotik yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu juga rajin mengonsumsi sayur dan buah.

7 Tips Diet di Bulan Puasa, Gak Boleh Minum Selain Air Putih!

Penting juga mengonsumsi makanan dengan pola gizi sehat dan seimbang. Serta susun jadwal makan teratur mulai dari makan pagi kemudian selingan snack, makan siang, selingan snack dan makan malam.

Untuk sarapan disarankan konsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, serta sayur. Dia menjelaskan, jika tidak sempat mengonsumsi sayur di pagi hari, kalian bisa konsumsi tomat, karena tinggi vitamin C dan Vitamin A, atau bisa konsumsi mentimun. Untuk tomat jika ingin mendapatkan manfaat vitamin C konsumsi tomat dalam keadaan fresh, sedangkan untuk mendapatkan vitamin A bisa dengan cara direbus terlebih dahulu. 

"Kalau roti disarankan sandwich jadi roti dengan telur atau keju," kata dia.

Untuk makan siang, Verawati Sudarma menjelaskan, masyarakat bisa konsumsi makanan lengkap karbohidrat, sayur dan protein.

"Lengkapi dengan karbo nasi, sayur 2/3 dari isi piring dan protein. Untuk protein saya sarankan dua macam hewani dan nabati," kata dia.

Untuk makan malam, disarankan untuk mengurangi karbohidrat. Hal ini lantaran saat ini aktivitas fisik masyarakat yang sudah berkurang. 

"Sekarang aktivitas fisik berkurang, jadi kebutuhan kalori bekurang.  Idealnya, sifat karbohidrat dikurangi atau dihilangkan. Ganti dengan protein dan sayur dan buah diperbanyak," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya