15 Persen Orang Positif Virus Corona Tak Punya Gejala, Ini Penyebabnya

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Beberapa gejala virus corona atau COVID-19 ditandai dengan batuk, flu, demam dan juga sesak napas. Namun, dalam perkembangannya, tak sedikit pasien yang dinyatakan positif tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Orang-orang yang ternyata positif tapi tanpa gejala inilah yang dianggap berbahaya. Karena tanpa sadar, ia bisa menularkan virus tersebut kepada orang lain, terutama lansia dan orang-orang yang memiliki penyakit bawaan yang lebih rentan terjangkit virus ini. 

Persentase pasien positif corona di Indonesia yang tidak menunjukkan gejala, cukup tinggi, yaitu mencapai 15 persen. Lalu, apa yang menjadi penyebab orang-orang dengan virus corona oni tidak bergejala?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Melalui Diskusi Online Mengenal Karakter Virus SARS-CoV-2 untuk Ketepatan Penanganan Pasien COVID-19, yang diadakan oleh Bakrie Center Foundation (BCF), Ketua Tim Penanganan COVID-19 dan Juru Bicara RS Persahabatan untuk COVID-19, dr.Erlina Burhan,Sp.P(K), turut memberikan tanggapan. 

"Memang banyak sekarang, kira-kira ada 15 persen dari pasien yang positif itu tidak ada gejala. Kemungkinan adalah karena sistem imunnya cukup baik, sehingga bisa mengontrol virus yang ada di dalam tubuhnya untuk tidak menimbulkan gejala," ujarnya melalui grup WhatsApp Diskusi Penanganan Corona, Jumat, 17 April 2020. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Lebih lanjut, dokter Erlina menjelaskan, orang-orang tanpa gejala inilah yang paling berpotensi menjadi sumber penularan bagi orang lain. 

"Tetapi ini merupakan sumber penularan yang berpotensi dan tidak diketahui. Dan ini justru menimbulkan masalah," kata dia. 

Untuk itu, Erlina turut mengimbau agar semua orang menggunakan masker ketika keluar rumah. Tidak perlu masker bedah, cukup menggunakan masker kain yang sesuai dengan standar yang disarankan oleh pemerintah dan para petugas medis.

"Tujuannya adalah untuk mencegah orang lain tertular kalau Anda kebetulan adalah orang yang positif tapi tidak ada gejala," tutup Erlina. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya