Tangkal COVID-19, Probiotik Tinggi Ampuh Tingkatkan Imunitas

Yogurt.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA – Saat ini masyarakat global sedang berhadapan dengan serangan Corona Virus COVID-19, dan sangat berbahaya jika manusia tidak memiliki daya tahan tubuh yang maksimal. Untuk menjaga daya tahan tubuh, seseorang perlu berolahraga, istirahat yang cukup dan memenuhi asupan pangan yang cukup serta seimbang.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Presdir PT Agro Mitra Alimentare (AMA) Ge Recta Geson mengatakan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa COVID-19 mungkin tidak akan pernah hilang dan penduduk Bumi harus belajar untuk hidup damai dengannya. Menurut Recta, salah satu cara untuk hidup berdamai dengan virus termasuk COVID-19 dan semua patogen adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun. Guna meningkatkan imunitas dibutuhkan saluran pencernaan yang baik.

“Mikrobiota yang ada dalam saluran cerna akan menstimulasi sel limfatik pada usus untuk memproduksi 70-80 persen imun yang beredar dalam tubuh. Mikrobiota memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam gut. Pada gilirannya imun yang optimum ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ. Sehingga kita bisa terhindar dari segala macam penyakit,” kata Recta, dalam Konferensi Pers daring BPOM, Jumat 15 Mei 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hal senada dikemukakan pula oleh  Prof. Subijanto Marto Sudarmo, Guru Besar FK-Unair yang mengatakan, merawat mikroba jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menghancurkan mikroba jahat. Dengan begitu, keseimbangan mikroba di usus akan berjalan dengan baik.

"Kita tidak bisa hidup tanpa mikroba, karena jika kita membersihkan mikroba maka kita akan lemah dan tidak bisa hidup menjadi manusia," ujar Prof Subijanto yang juga pakar probiotik, di kesempatan yang sama. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dia juga mengatakan bahwa ada sekitar 1100 miliar mikroba yang hidup di usus manusia. Hal ini menjadikan usus merupakan organ penting dalam sistem kesehatan manusia. 

"Jika kita bisa mempertahankan 80 persen mikroba baik di usus kita dan membiarkan 20 persen mikroba jahat, maka kita akan sehat dan terhindar dari banyak penyakit, jadi sangat penting kita makan makanan berfermentasi agar asupan prebiotik kita tetap terjaga," tambah Prof. Subijanto.

Guna meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh diperlukan imunomodulator peningkat dan penjaga daya tahan tubuh yang memiliki kandungan probiotik tinggi. Pro em 1 dengan probiotik tinggi berguna untuk menjaga agar saluran pencernaan tubuh bekerja dengan baik serta meningkatkan daya tahan tubuh.

"Sekitar 80 persen imun ini akan menyebar ke seluruh tubuh. Nah, imun ini akan mengendalikan semua mikroba di tubuh. Jadi kalau mikroba itu tidak ada yang dominan, semua dalam kondisi yang wajar, maka pasti tidak akan ada penyakit,” kata Recta, demikian biasa di sapa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya