Pentingnya Asupan Asam Folat dan Vitamin C untuk Menjaga Imunitas

Minuman sehat.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, menjaga imunitas tubuh adalah salah satu kunci agar tidak mudah terinfeksi virus corona yang mewabah.

BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Kebijakan Restrukturisasi Kredit Terdampak COVID-19

Faktor kesehatan tubuh sendiri merupakan pertahanan terakhir, di samping sering mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak antar sesama, ditambah dan anjuran tidak mudik, agar kita tidak menjadi carrier atau pembawa virus ke kampung halaman.

Nah, salah satu cara untuk menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan seimbang dan tinggi akan kandungan nutrisi. Di antara begitu banyak nutrisi penting, asam folat dan vitamin C adalah dua nutrisi yang asupannya wajib Kamu perhatikan.

Beredar Petugas Pemilu di Depok Jadi Suspek COVID-19, Ini Penjelasan Wali Kota

Itu karena asam folat mampu memberikan stimulan pada tubuh agar sistem imun bisa bekerja optimal menangkal virus yang masuk ke dalam tubuh. Sementara itu, makanan dan minuman yang tinggi akan vitamin C juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Boy Abidin SPOG.

"Sumber-sumber  nutrisi dan vitamin tersebut sebaiknya diproses secara alami sehingga aman untuk dikonsumsi,” ucap Boy dalam rilis Hydromamma yang diterima VIVA, Selasa, 19 Mei 2020.

Terpopuler: WHO Peringatkan Bahaya Penyakit X, Persiapan Miss Indonesia di Miss World 2024

Menurutnya, minuman yang mengandung asam folat dan vitamin C tinggi, yang selama ini dikenal sebagai minuman ibu hamil, sangat cocok dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita.

Apalagi di momen puasa ini, dua jenis nutrisi tadi akan menjaga imunitas dan kesehatan. Ditambah lagi menambah asupan cairan dalam tubuh sehari hari.

Boy juga mengatakan bahwa asam folat memang terkenal sebagai asupan nutrisi untuk kebutuhan ibu hamil. Tetapi sebenarnya semua orang juga membutuhkan asupan asam folat untuk menjaga kesehatan kita.

Salah satunya alasannya adalah karena asam folat membantu regenerasi sel-sel tubuh agar berbagai sistem dalam tubuh kita dapat berjalan dengan baik.

“Dengan minum minuman yang mengandung tinggi asam folat dan vitamin C, dengan berbagai variasi rasa, kita akan dapat manfaatnya sekaligus dapat pula nikmatnya,” kata Boy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya