6 Cara Mudah Hilangkan Plak dan Karang Gigi Saat di Rumah

Perawatan gigi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Mulut adalah rumah bagi ribuan bakteri. Ketika bakteri ini dicampur dengan protein dan produk sampingan makanan lainnya, mereka membentuk lapisan lengket di atas gigi yang disebut plak. 

Potret Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah, Terbaru Setia Temani Ajudan Prabowo Perawatan Gigi

Plak, ketika tidak dirawat tepat waktu, dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan banyak masalah gigi lainnya.

Berikut enam cara mudah untuk menghilangkan plak dan karang gigi saat berada di rumah ditengah kondisi COVID-19, dilansir dari Times of India.

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

Menyikat

Jawaban paling sederhana dan paling efektif untuk sebagian besar masalah gigi adalah menyikat gigi secara teratur, setidaknya dua kali sehari. Menyikat menggunakan teknik yang tepat sama pentingnya dengan menyikat gigi itu sendiri. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Menyikat vertikal dari gusi ke gigi dapat membantu menghilangkan partikel tambahan yang tersangkut di sekitar gigi. Anda juga dapat menggunakan sikat interdental yang dirancang khusus untuk menghilangkan partikel keras kepala yang tersangkut di antara gigi. 

Kuas interdental memiliki bulu yang fleksibel yang dapat dengan mudah menjangkau area sudut dan mengeluarkan partikel yang tersangkut.

Menggunakan baking soda

Baking soda dan lemon

Soda kue yang dicampur dengan beberapa tetes air dapat digunakan sekali atau dua kali untuk menghilangkan karang gigi dari gigi. Penggunaan soda kue tidak memiliki efek samping pada email.

Benang gigi

Flossing harus dilakukan sekali dalam sehari. Terlalu banyak flossing tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan celah di antara gigi. Flossing adalah pengganti yang baik untuk tusuk gigi.

Obat kumur

Cairan pembersih mulut

Menggunakan obat kumur setelah setiap makan adalah suatu keharusan karena membantu Anda dalam menyingkirkan partikel yang tidak diinginkan jauh di dalam gusi Anda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari obat kumur, simpan di dalam mulut Anda selama 30 detik sebelum Anda memuntahkannya. Ini adalah waktu minimum yang diperlukan oleh obat kumur untuk bekerja.

Lidah buaya dan gliserin

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Gatal

Daftar manfaat kesehatan dari lidah buaya sangat banyak. Tidak hanya membuat kulit Anda bersinar tetapi juga membantu menghilangkan plak dan karang gigi dari gigi Anda. Campur lidah buaya dengan gliserin dan gosok dengan itu di gigi Anda.

Kulit jeruk

Bagian dalam kulit jeruk bisa langsung digosokkan pada gigi Anda. Ini membantu menghilangkan mikroorganisme pembangun karang gigi pada enamel. Jika gigi Anda memiliki noda, tumbuk kulitnya dan oleskan pada area tertentu. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas untuk mendapatkan warna putih mengkilap.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya