Cara Efektif Kurangi Risiko Penularan COVID-19 di Kantor

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay/hamonazaryan1

VIVA – Selain selalu memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selama berada di kantor untuk mengurangi terinfeksi virus corona atau COVID-19

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Salah satunya, dengan mendisinfeksi ruangan kerja setiap hari. Menurut Spesialis Kesehatan Masyarakat, Dr.dr Shierley Moningkey. MPH., cara ini efektif untuk menghindari kita supaya tidak terinfeksi COVID-19. 

"Karena apabila kita melakukan penyemprotan di ruangan, itu kan berarti kita mendisinfeksi ruangan tersebut. Bila ada virus, maka virus itu bisa mati dengan disinfektan yang kita semprotkan," ujarnya saat tayangan Hidup Sehat di tvOne, Senin 22 Juni 2020.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Baca juga: Hati-hati, COVID-19 'Betah' di Ruangan AC dan Tertutup

Lebih lanjut Shierley menyarankan, membersihkan ruangan harus dilakukan secara rutin. Terlebih di kantor, harus dilakukan setiap hari. 

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Apalagi kalau ruangan kita sektor jasa, banyak yang datang. Itu harus dilakukan pembersihan secara rutin dengan teknik yang benar dan menyeluruh," kata dia. 

Selain harus disemprot dengan disinfektan setiap hari, penyemprotan juga harus dilakukan dua kali sehari. Dan menurut Shierley, hal itu bisa kita lakukan sendiri, tidak perlu menunggu orang lain yang melakukan. 

"Kalau mengandalkan cleaning service untuk membersihkan, dia biasanya ada waktunya. Jadi, kita harus bisa membersihkannya sendiri. Menyediakan alat semprotnya untuk membersihkan permukaan-permukaan," saran dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya