Kontak dengan Orang Positif COVID-19, Lakukan 4 Langkah Ini

Corona Virus COVID-19
Corona Virus COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Penyebaran virus corona yang masih belum terkendali di seluruh dunia membuat setiap orang berisiko kontak dengan virus menular itu. Meski orang-orang sudah melakukan langkah pencegahan seperti mamakai masker saat keluar rumah dan menjaga jarak, tapi sulit membedakan siapa yang sudah terinfeksi virus corona jika mereka tidak menunjukkan gejala.

Bayangkan kamu bertemu dengan tetangga di sebuah toko, lalu beberapa hari kemudian kamu tahu kalau tetangga itu positif COVID-19, apa yang akan kamu lakukan? Reaksi yang alamiah jika kamu menjadi panik dan cemas. Tapi, yang lebih penting adalah mengambil langkah pencegahan agar orang lain tidak mendapat virus itu dari kamu.

Baca juga: Ruam Kulit Bisa Jadi Gejala Virus Corona yang Paling Menonjol

Berikut ini empat langkah yang harus kamu lakukan jika pernah berdekatan dengan seseorang yang positif COVID-19.

Karantina mandiri selama 14 hari

Dilansir laman Times of India, langkah pertama yang harus dilakukan adalah karantina di rumah selama 14 hari. Gejala virus corona bisa butuh 10-14 hari untuk muncul. Jadi isolasi mandiri di rumah selama periode ini. Jangan keluar rumah untuk alasan apapun atau kontak dengan keluarga. Jika kamu tinggal sendiri, mintalah teman dan keluarga mengantar barang kebutuhan di depan pintu. Selain itu, jangan terima tamu di rumah.

Monitor gejala